Salin Artikel

Saat Perhitungan Suara, Warga Siram Bensin ke Kotak Suara di TPS 025 Sanggeng Manokwari

MANOKWARI, KOMPAS.com - Proses perhitungan suara di TPS 025 kelurahan Sanggeng Kabupaten Manokwari terpaksa diungsikan ke Gedung Olahraga GOR Sanggeng lokasi Pleno PPD, Sabtu (24/2/2024)

Pasalnya, seorang warga menyiram bensin ke kotak suara dan hendak membakarnya, saat perhitungan suara calon DPR RI Daerah Pemilihan Papua Barat.

"Tadi dia sudah siram bensin ke kotak suara saat perhitungan suara calon DPR RI. Namun ketika mau menyalakan korek api, ada yang mencegahnya," kata seorang warga yang menjadi saksi di TPS 025 Sanggeng.

Insiden tersebut membuat petugas KPPS dan Kepolisian yang berjaga di TPS memutuskan membawa kotak suara yang sudah dicoblos ke Gedung Olahraga Sanggeng, lokasi Pleno PPD.

Pantauan di lapangan, setelah kotak suara diamankan ke lokasi Pleno PPD Distrik Manokwari Barat, tenda yang dijadikan lokasi TPS telah dibongkar oleh petugas dan warga pukul 19.30 WIT.

Rencana perhitungan suara dilanjutkan di GOR Sanggeng. Seluruh anggota PPD, Panwas TPS dan Saksi Partai Politik serta saksi perorangan kini berada di GOR.

Kapolresta Manokwari Kombes Pol RIvadin Benny Simangunsong saat dikonfirmasi terkait hal tersebut mengatakan, saat ini pihaknya fokus mengamankan surat suara dan pemungutan suara ulang (PSU) terlebih dahulu.

"Sementara fokus amankan kotak suara dan PSU dulu," kata Kapolresta.

Hingga berita ini diturunkan, pihak KPU maupun Bawaslu Kabupaten Manokwari masih dilakukan upaya konfirmasi.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/24/200502678/saat-perhitungan-suara-warga-siram-bensin-ke-kotak-suara-di-tps-025

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke