Salin Artikel

68 Kotak Suara Dibakar, 356 Personel Gabungan Turun Amankan PSU di Bima

Hal itu menyusul adanya kerusuhan warga yang berujung pembakaran TPS dan 68 kotak suara pada Rabu (14/2/2024) malam lalu.

Ratusan personel tersebut datang dari beberapa kesatuan seperti Brimob Batalyon B Pelopor Sumbawa, Batalyon C Pelopor Bima, Polres Bima dan Kodim 1608/Bima.

Personel ini akan disebar ke 34 TPS yang ada di lima desa di Kecamatan Parado, Kabupaten Bima.

"Jaga netralitas, kekompakan bangun koordinasi dan komunikasi dengan pihak terkait demi terwujudnya pemilu yang aman dan damai," kata Kapolres Bima AKBP Eko Sutomo seusai apel gelar pasukan, Jumat (23/2/2024).

Eko Sutomo mengingatkan seluruh personel yang bertugas agar memberi rasa aman dan nyaman bagi warga setempat, sehingga mereka bisa tetap berpartisipasi memilih tanpa rasa khawatir.

Sementara warga diimbau untuk tidak takut datang ke TPS guna menyalurkan hak suaranya.

"Kami akan menjamin keamanan dan memberikan pelayanan prima demi kenyamanan masyarakat yang akan memberikan hak pilih, sehingga seluruh proses penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Bima berjalan dengan lancar dan damai," imbaunya.

Untuk diketahui, 34 TPS tersebut akan melakukan pemungutan suara ulang pada Sabtu (24/2/2024).

Ketua KPU Kabupaten Bima, Ady Supriadin mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah menimbang beberapa usulan perbaikan baik dari KPPS, PPK dan Bawaslu Bima.

"Pertimbangan-pertimbangan itu akhirnya melahirkan keputusan dilakukan pemungutan suara ulang," kata Ady saat dikonfirmasi usai melakukan rapat koordinasi dengan jajaran KPU Provinsi NTB, Rabu (21/2/2024) malam.

Dalam Surat Keputusan (SK) dengan nomor 705 tahun 2024 tentang penetapan PSU ditetapkan bahwa sebanyak 34 TPS harus melakukan pemungutan suara ulang.

Rinciannya 4 TPS di Desa Kanca, 5 TPS di Desa Kuta, 3 TPS di Desa Lere, 11 TPS di Desa Parado Rato dan 11 TPS di Desa Parado Wane.

Dari 34 TPS tersebut tidak semuanya mencoblos lima jenis surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

"Dalam satu TPS itu ada yang lima jenis suara diulang semua, ada yang hanya dua dan tiga bahkan yang satu jenis saja," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/23/154518878/68-kotak-suara-dibakar-356-personel-gabungan-turun-amankan-psu-di-bima

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke