Salin Artikel

Soal Gibran Mau Beri Pelatihan UMKM kepada Pedagang Daging Anjing, Paguyuban: Modalnya Sudah Habis-habisan

Ketua Koordinator Paguyuban Kuliner Daging Guk-guk atau Non-pangan Solo, Agus Triyono mengatakan, yang menjadi persoalan adalah pelatihan yang diberikan itu bisa berjalan atau tidak.

"Sepanjang itu bisa berjalan kalau kita diberi pelatihan mau-mau saja. Cuma berjalan atau tidak masalah itu. Sepanjang itu berjalan menopang ekonomi para pedagang nggak masalah," kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Kamis (22/2/2024).

Dia menceritakan banyak pedagang daging anjing Solo yang tidak berjualan karena tidak ada pasokan.

Tidak adanya pasokan ini imbas dari penangkapan sebuah truk yang mengangkut 200 lebih ekor anjing untuk dijagal ke warung-warung makan di Solo, Jawa Tengah.

Modal yang seharusnya mereka gunakan untuk berjualan sudah habis untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Modalnya sudah habis-habisan. Kalau tidak ada ganti rugi selama ini bagaimana. Mungkin rekan-rekan sebagian ada yang masih berjualan. Mereka dapat pasokan dari lingkungan sekitar sini gitu aja," jelas dia.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan memberikan pelatihan kepada pedagang daging anjing agar ke depannya menjadi UMKM yang tidak lagi berjualan daging anjing.

"Nanti treatment-nya untuk warung-warung berjualan daging anjing nanti akan kami berikan pelatihan untuk menjadi UMKM yang berjualan daging-daging ayam atau daging sapi," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Selasa (20/2/2024).

Menurut Gibran surat edaran yang dikeluarkan masih sebatas imbauan.

Ia mengatakan akan lebih kuat jika diwujudkan dalam perda. Namun demikian, pihaknya akan mengonsultasikan dahulu ke DPRD.

"Arah ke sana. Tapi ini sebatas surat edaran. Akan lebih baik kalau diperkuat menjadi perda. Tapi nanti akan kami konsultasikan dulu dengan Pak Ketua DPRD. Yang jelas kami dari Pemkot sudah mengeluarkan surat edaran inbauan untuk tidak mengkonsumsi daging anjing," ungkap dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/22/105000378/soal-gibran-mau-beri-pelatihan-umkm-kepada-pedagang-daging-anjing-paguyuban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke