Salin Artikel

Langganan Banjir, Saluran Air Kaligawe-Tlogosari Dijanjikan Normalisasi Tahun Ini

Kepala Bidang Sumber Daya Air (Kabid SDA) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Mochamad Hisyam Ashari mengatakan, normalisasi mulai dilakukan pada 2024.

"Tahun ini berjalan untuk normalisasi mulai Kaligawe sampai Tlogosari," kata Hisyam, Rabu (21/2/2024). 

Dia menjelaskan, normalisasi saluran dilakukan bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana.

"Normalisasi tersebut akan membuat aliran air menuju Rumah Pompa Tenggang lancar," katanya lagi. 

Pihaknya juga akan menyelaraskan normalisasi yang dilakukan BBWS Pemali Juana dengan melakukan peningkatan saluran yang berada di Tlogosari. 

"Jadi, talut saluran yang sudah miring-miring itu tahun ini kami perbaiki. Sehingga aliran dari Tlogosari ke Tenggang lancar," papar Hisyam.

Kapasitas rumah pompa 

Menurutnya, penanganan di bagian timur ini sedang dikebut pengerjaannya. Pasalnya, di tahun sebelumnya, wilayah yang menjadi aliran menuju Rumah Pompa Tenggang dan Sringin itu sering kali dilanda banjir.

"Kalau tahun kemarin yang besar ada di wilayah timur, Tenggang dan Sringin. Untuk musim hujan kali ini kami sudah melakukan beberapa upaya dan terus berupaya lagi," katanya.

Dia mengakui, Rumah Pompa Kali Sringin terbebani oleh aliran Kali Tenggang. Namun dengan dilakukan normalisasi di Kali Tenggang beban tersebut akan segera berkurang.

"Kami, tahun ini juga akan menambah kapasitas pompa di Trimulyo, karena selama ini kapasitas pompa masuk Sringin kurang. Sehingga tahun ini kami bangun rumah pompa," imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/21/140000778/langganan-banjir-saluran-air-kaligawe-tlogosari-dijanjikan-normalisasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke