Salin Artikel

Sempat Tergenang 3 Meter, Puskesmas Karanganyar Demak Masih Lumpuh, Bagaimana Kondisinya?

Banjir selain menyebabkan ribuan rumah warga tergenang, sejumlah fasilitas kesehatan juga terdampak.

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com dari Posko Terpadu Penanganan Darurat Bencana Banjir Kabupaten Demak update data, Selasa (20/2/2024), setidaknya terdapat 1 puskesmas dan 3 puskesmas pembantu terdampak banjir.

Salah satunya Puskesmas Karanganyar I, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak.

Fasilitas kesehatan ini menjadi salah satu lokasi terparah banjir Demak.

Kepala Puskesmas Karanganyar I, dr Ninik Relaningsih mengatakan, banjir mengenangi puskesmas sepekan lebih hingga kedalaman 3 meter.

"Karena memang lantai satu semua terendam, jadi ada 10 ruangan yang terendam ruangan bawah. Itu sekitar tiga meter air masuk," katanya kepada awak media, Rabu (21/2/2024).

Ninik menyebutkan, banjir tersebut menyebabkan sarana prasarana kesehatan di lantai satu rusak dan tidak bisa difungsikan.

"Lantai bawah sudah hancur semua, ada sebagian kecil yang bisa kita selamatkan, tapi ya secara keseluruhan di bawah sudah terendam semua," ungkapnya.

Kendati demikian, ia memastikan bahwa Puskesmas Karanganyar 1 Demak akan kembali melayani masyarakat pekan depan atau setelah semuanya siap.

"Kami berusaha untuk bersih-bersih ini, semoga satu minggu ini sudah bisa kita selesaikan semuanya," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/21/101836678/sempat-tergenang-3-meter-puskesmas-karanganyar-demak-masih-lumpuh-bagaimana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke