Salin Artikel

Diduga Lelah Bertugas pada Hari Pencoblosan, KPPS dan Linmas di Lampung Meninggal Dunia

Keduanya sempat dirawat di rumah sakit sejak Rabu (14/2/2024), tapi mengembuskan napas terakhir pada Senin (19/2/2024).

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Divisi SDM dan Litbang, Ali Sidik membenarkan ada dua petugas yang meninggal dunia pasca bertugas pada hari pencoblosan.

Keduanya yakni anggota KPPS TPS 06, Pekon (desa) Datar Lebuay, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus bernama Nizar Efendi.

Sedangkan seorang lainnya adalah Asnawi, anggota Satlinmas di TPS Desa Sungai Cambai, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji.

"Benar, sampai saat ini ada dua petugas yang gugur, satu KPPS dan satu orang petugas linmas," kata Ali Sidik saat ditemui, Selasa (20/2/2024).

Dari keterangan yang dihimpun KPU Lampung, keduanya sempat mengeluhkan sakit usai bertugas pada hari H pencoblosan pekan lalu.

"Waktu bertugas yang bersangkutan tidak ada keluhan, setelah pemungutan suara selesai sakit lalu dibawa ke pusat layanan kesehatan namun meninggal dunia," katanya.

Ali Sidik mewakili KPU Lampung menyampaikan rasa duka mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan.

Dia menambahkan, telah menyiapkan dana santunan bagi setiap anggota badan ad hoc meninggal dunia.

Sementara itu, dari data sementara diketahui sebanyak 76 petugas penyelenggara pemungutan mengalami sakit akibat kelelahan.

"Iya ada 76 petugas yang sakit, sebagian besar sudah pulih," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/20/171636878/diduga-lelah-bertugas-pada-hari-pencoblosan-kpps-dan-linmas-di-lampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke