Salin Artikel

Kementerian PPPA Soroti Kesalahan Pola Asuh di Kasus Perundungan Binus School

Peristiwa itu dianggap berawal dari adanya kesalahan pola asuh dari keluarga.

"Masalah itu (perundungan) bisa timbul dari masalah pengasuhan dalam keluarga. Dan itu juga jadi isu yang penting masalah pengasuhan dalam keluarga," kata Kepala Deputi bidang Pemenuhan Hak Anak Kementerian PPPA, Pribudiarta Nur Sitepu di Kota Serang. Selasa (20/2/2024).

Menurut Pribudiarta, pola pengasuhan oleh guru saat berada di sekolah juga sangat berpengaruh dan penting agar tidak terjadi perundungan.

Terjadinya perundungan bisa dicegah bila semua pemangku kepentingan bergerak secara bersama-sama, mulai dari orangtuanya, guru dan lingkungan sekolah.

"Anak itu kan paling banyak menghabiskan waktu itu di rumah, sekolah dan lingkungan tempat bermainnya dia," ujar dia.

Dijelaskan dia, Kementerian PPPA tidak melihat sekolah itu mahal atau murah, fasilitas baik atau tidak pada kasus kekerasan anak di lembaga pendidikan.

Kekerasan pada anak bisa terjadi bila orangtua salah mengasuh, dan guru tidak memberi contoh yang baik kepada anak didiknya.

"Sekolah ramah anak itu memerlukan variabel gurunya harus mampu memberi contoh disiplin positif, dan orangtuanya tidak mengasuh berbasis kekerasan, dan lingkungannya," kata dia.

Dijelaskan Pribudiarta, dalam konsep kasus kekerasan atau perundungan pada anak, baik itu anak yang jadi korban, anak yang jadi pelaku dan anak yang jadi saksi termasuk korban.

"Dalam sistem peradilan pidana anak, itu dia melihat pelaku, korban dan saksi itu sebagai korban. Jadi dia melihatnya begitu. Jadi pendekatannya semua pendekatan rehabilitatif," tandas dia.

Sebelumnnya, Kasus tersebut diketahui publik setelah beredarnya video di media sosial X pada Senin (19/2/2024) yang memperlihatkan seorang siswa sedang dirundung oleh sekelompok siswa lain.

Perundungan diduga dilakukan oleh sekelompok siswa senior yang tergabung dalam "Geng Tai" terhadap anggota baru kelompoknya.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/20/163030678/kementerian-pppa-soroti-kesalahan-pola-asuh-di-kasus-perundungan-binus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke