Salin Artikel

Pantau PSU di Keerom Papua, Bawaslu RI: Warga Antusias

KEEROM, KOMPAS.com - Anggota Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) Bidang Teknis, La Bayoni, memantau secara langsung pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (20/2/2024).

La Bayoni didampingi oleh Bawaslu Provinsi Papua dan Bawaslu Kabupaten Keerom memantau PSU di TPS 002 dan TPS 005, Kampung Wiantre, Distrik Skanto, Kabupaten Keerom.

Rombongan Bawaslu RI ini tiba sekitar pukul 13.30 WIT. Saat sampai di lokasi PSU, La Bayoni menyempatkan waktu meninjau pelaksanaan pencoblosan di TPS 002 dan TPS 005.

La Bayoni mengatakan, secara umum pelaksanaan PSU di Kabupaten Keerom, terutama di dua TPS ini, berjalan dengan aman dan lancar.

Bahkan, menurut La Bayoni, warga begitu antusias dalam menyalurkan hak suaranya di dua TPS yang melaksanakan PSU tersebut.

"Kami mendapatkan laporan dari Bawaslu Provinsi Papua, Bawaslu Kabupaten dan KPU Provinsi Papua, di mana antusias warga sangat banyak dalam menyalurkan hak suaranya di dua TPS yang melaksanakan PSU di Kabupaten Keerom," ungkapnya kepada wartawan.

La Bayoni menyampaikan, PSU ini juga diawasi dan dilakukan pengamanan oleh pemerintah distrik dan aparat TNI-Polri. Pengawasannya dilakukan dari jauh atau luar TPS karena yang bisa masuk ke dalam TPS hanyalah KPPS sebagai penyelenggara dan warga yang memilih.

"PSU ini penting. Kami ingin memastikan agar semua bisa berjalan dengan lancar dan baik, sehingga apa yang diharapkan terkait pemilu yang berintegritas bisa diwujudkan," ujarnya.

Rencananya, La Bayoni akan memantau PSU di Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua, pada Rabu (21/2/2024), sebelum bertolak ke beberapa provinsi lainnya yang akan melaksanakan PSU.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/20/135441578/pantau-psu-di-keerom-papua-bawaslu-ri-warga-antusias

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke