Salin Artikel

Bawaslu Bakal Panggil 2 Caleg di Lampung yang Namanya Tercoblos Duluan

Ratusan surat suara untuk DPRD Provinsi dan DPRD Kota di TPS 19 Way Kandis ditemukan telah tercoblos pada kolom nama dua orang calon legislatif (caleg) Partai Demokrat dan PKS.

Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung Apriliwanda mengatakan hingga saat ini pihaknya telah memeriksa seluruh KPPS dan linmas di TPS tersebut.

Menurutnya, dari hasil pemeriksaan sementara diduga ada unsur pidana pemilu dalam kasus ini.

"Hasil sementara memang ada dugaan tindak pidana pemilu. Cuman untuk saat ini masih pendalaman membutuhkan tambahan alat bukti," katanya ditemui di Sekretariat Bawaslu Kota Bandar Lampung, Kamis (15/2/2024) sore.

Dia menambahkan, Bawaslu juga akan memanggil beberapa pihak untuk mencari tahu keterangan kasus ini.

"Besok (Jumat) kita akan memanggil KPU Bandar Lampung, PPK dan dua calegnya juga akan kita panggil," kata dia.

Sementara itu, Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data informasi Bawaslu Kota Bandar Lampung, Oddy Marsa mengatakan akan "mengebut" pengusutan kasus ini.

Hal ini karena Bawaslu hanya punya waktu 7 hari untuk memenuhi syarat formil dan materiil.

"Bukti yang sudah kita punya adalah kotak suara DPRD provinsi dan DPRD kota, serta surat suara yang tercoblos. Untuk keterangan memang belum ada pengakuan atau pernyataan," kata Oddy.


Sedangkan setelah pemeriksaan secara maraton terhadap KPPS sejak Rabu hingga Kamis, KPPS mengaku tidak mengetahui bagaimana surat suara itu telah tercoblos.

"Mereka (KPPS) tidak mengetahui siapa yang mencoblos. Kita akan mengembangkan ini ke arah mana, siapa pelakunya," kata dia.

Selain itu, untuk mengusut bagaimana surat suara itu telah tercoblos, Bawaslu akan memanggil KPU terkait pergerakan logistik.

"Maka kami memanggil KPU juga terkait pergerakan kotak suara dari awal sampai tiba di lokasi TPS. Apakah tercoblosnya pada saat bergerak atau sudah ada di lokasi. Dan pada hari apa," katanya.

Diberitakan sebelumnya, jumlah surat suara yang telah tercoblos di TPS 19 Way Kandis mencapai 233 lembar. Pencoblosan di TPS tersebut terpaksa dihentikan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandar Lampung.

Dari 233 lembar itu, yang telah tercoblos adalah sebanyak 133 suara di DPRD Provinsi Lampung caleg nomor urut 2 dari Partai Demokrat atas nama Nettylia Sukri.

Kemudian 100 suara sudah tercoblos di kolom DPRD Kota Bandar Lampung untuk caleg nomor urut 1 dari PKS atas nama Sidik Effendi.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/15/184830178/bawaslu-bakal-panggil-2-caleg-di-lampung-yang-namanya-tercoblos-duluan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke