Salin Artikel

Akses Jalan Sulit, Distribusi Logistik Pemilu di Palopo Pakai Kendaraan "Off Road"

Distribusi dilakukan pada pagi hari dengan harapan logistik tiba di TPS pada siang atau sore hari.

Ketua KPU Kota Palopo, Irwandi Djumadin mengatakan logistik pemilu tersebut akan dikirim ke Kelurahan Peta, Kecamatan Sendana, Kota Palopo.

“Keempat TPS tersebut masing-masing 1 TPS di Kampung Tandung, 1 TPS di Kampung Rante Pangala dan 2 TPS di Kampung Menjana, untuk 4 TPS tersebut dilepas pagi karena medan untuk menuju ke lokasi jauh dan sulit dijangkau,” kata Irwandi Djumadin, saat dikonfirmasi di kantor KPU Kota Palopo, Selasa (13/2/2024)

Dia mengatakan ada 323 pemilih yang terdaftar di TPS-TPS tersebut. 

“Selain jauh, kondisi jalan untuk sampai ke lokasi jalannya belum diaspal atau pengerasan jalan, melainkan masih jalan tanah yang melewati tebing, pendakian, penurunan, melewati area berhutan dan di pegunungan. Jadi jika turun hujan juga rawan terjadi longsor,” ucap Irwandi.

Untuk sampai di lokasi, distribusi logistik Pemilu 2024 harus menggunakan kendaraan roda empat jenis hardtop atau off road. Selain karena kondisi jalan di daerah tersebut juga tidak ada akses komunikasi internet.

Pj Walikota Palopo, Asrul Sani mengatakan soal akses komunikasi atau internet pihaknya sudah melakukan antisipasi dari awal dengan berkoordinasi jajaran Pemerintah Kota Palopo serta pihak provider komunikasi.

“Koordinasi kami sudah berjalan di lokasi dari pemerintah kecamatan, kelurahan, RT dan RW dan terkait dengan jaringan kami sudah koordinasi juga dan teman-teman dari Telkom siap mendukung. Bahkan kami juga melibatkan kerjasama dengan teman-teman dari Orari untuk mensuport daerah-daerah yang jaringannya lemah,” tutur Asrul Sani.

Asrul Sani berharap pelaksanaan pemilu di Kota Palopo dapat berjalan sukses.

“Kita semua berharap pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan aman, damai dan sukses tanpa ada kendala, jika ada kendala mohon kita semua saling koordinasi,” harap Asrul.

Distribusi logistik Pemilu 2024 dikawal aparat TNI dan Polres Kota Palopo, serta Bawaslu dengan menggunakan kendaraan roda dua atau trail guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/14/041300778/akses-jalan-sulit-distribusi-logistik-pemilu-di-palopo-pakai-kendaraan-off

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke