Salin Artikel

Gibran Ajak Masyarakat dan Pegiat Seni Rawat Taman Balekambang sebagai Pusat Budaya

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengajak masyarakat, pegiat seni dan budaya di Solo, Jawa Tengah untuk merawat Taman Balekambang sebagai pusat budaya Jawa.

Ia meminta agar Taman Balekambang bisa dimanfaatkan dengan kegiatan yang kreatif dan melibatkan anak muda.

"Balekambang sebagai pusat budaya, budaya Jawa kita revitalisasi dengan baik. Nanti tinggal tugas kita, tugas masyarakat, para budayawan, seniman untuk membantu merawatnya dan mengisi dengan konten-konten yang kreatif. Seperti gamelan, wayang orang, ketoprak atau mungkin aktivitas lain yang melibatkan anak-anak muda," kata Gibran di Taman Balekambang Solo, Jawa Tengah, Selasa (13/2/2024).

Putra sulung Presiden Jokowi menambahkan, Taman Balekambang akan dikelola secara profesional.

"Insyaallah nanti dikelola profesional oleh pengelola," ungkap Gibran.

Gibran menerangkan, renovasi Taman Balekambang belum sepenuhnya selesai. Masih akan ada perbaikan lokasi lain di kawasan Taman Balekambang.

Perbaikan juga menyasar kolam renang dan pasar ikan Taman Balekambang. Pasar ikan ini akan diperbaiki dan lebih modern.

"Balekambang belum selesai (renovasinya). Akan juga kita perbaiki juga kolam renangnya, pasar ikan. Jadi lebih modern pasar ikannya," jelas suami Selvi Ananda.

Diketahui, renovasi Taman Balekambang Solo dilakukan secara menyuluruh. Meliputi Kolam Partini, panggung pertunjukan terbuka, Java Innovation & Taman Gastronomi, skywalk, pendopo kedatangan dan gedung pertunjukan indoor.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/13/211336378/gibran-ajak-masyarakat-dan-pegiat-seni-rawat-taman-balekambang-sebagai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke