Salin Artikel

Update Banjir Demak, 19 Desa di Kecamatan Karanganyar dan Gajah Masih Tergenang, Pengungsi Capai 22.860 Orang

Tingginya genangan air di masing-masing desa beragam dari 40-200 sentimeter.

Desa Karanganyar dan Desa Ketanjung Kecamatan Karanganyar sampai saat ini masih menjadi lokasi terparah terdampak banjir.

Pantauan Kompas.com di lokasi Selasa (13/2/2024) pukul 15.00 WIB, banjir di Desa Wonoketingal, Kecamatan Karanganyar, ketinggian air masih mencapai 1 meter lebih.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak, per Selasa (13/2/20224) pukul 10.00 WIB, bencana banjir yang terjadi pada Senin (5/2/2024) itu berdampak pada 39 desa yang tersebar di 7 kecamatan.

Kepala Pelaksana BPBD Demak, Agus Nugroho mengatakan, salah satu penyebab banjir adanya hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Demak, di beberapa titik.

"Intensitas hujan tinggi di daerah hulu mengakibatkan beberapa tanggul sungai tidak mampu menahan derasnya air, sehingga mengakibatkan tanggul jebol di beberapa titik," kata Agus, melalui pesan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa.

Peta persebaran banjir yang dibagikan Agus, setidaknya 19 desa di 2 kecamatan masih tergenang air dan 5 kecamatan lainnya mulai surut.


Puluhan ribu mengungsi

Agus mengatakan, 12 desa yang terdampak banjir di Kecamatan Karanganyar yakni, Desa Ketanjung, Desa Undaan Lor, Desa Undaan Kidul, Desa Karanganyar, Desa Ngemplik Wetan, Desa Kedungwaru Lor, Desa Kedungwaru Kidul, Desa Wonorejo, Desa Ngaluran, Desa Cangkring, Desa Cangkring Rembang dan Desa Wonoketingal.

Sementara, di Kecamatan Gajah, 7 desa yang terdampak banjir yakni Desa Tambirejo, Desa Medini, Desa Sambung, Desa Wilalung, Desa Tanjungsari, Tanjunganyar, dan Desa Sari.

Kendati demikian, 20 desa lainnya yang tersebar di Kecamatan Karangtengah, Wonosalam, Kebonagung, Karangawen, dan Kecamatan Dempet, saat ini kondisinya mulai surut.

Dia menyebutkan, banjir berdampak ke 84.270 jiwa dan setidaknya 22.860 orang mengungsi.

Agus menerangkan, para pengungsi tersebar di Kecamatan Karanganyar 26 tempat, Kecamatan Gajah 28 tempat, Kecamatan Demak 5 tempat, Kecamatan Mijen 6 tempat dan Kabupaten Kudus 10 tempat.

"Sebagian pengungsi menghendaki ke rumah saudara, jumlah pengungsi bersifat fluktuatif," terangnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/13/211201378/update-banjir-demak-19-desa-di-kecamatan-karanganyar-dan-gajah-masih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke