Salin Artikel

Bayi 3 Bulan Meninggal di Panti Asuhan Semarang, Sempat Ditengkurapkan Pengasuh Selama 15 Menit

Diduga korban meninggal tak wajar.

Polisi pun turun tangan dengan membongkar makam korban di di Pemakaman Bergota, Randusari, Semarang Selatan, Senin (12/2/2024).

AZD adalah bayi yang dititipkan ibunya di panti asuhan di Jalan Bangetayu Kulon, Kecamatan Genuk pada 11 September 2023.

Saat itu AZD masih berusia satu minggu. AZD dititipkan di panti asuhan oleh S, sang ibu asal Kabupaten Pati yang bercerai.

Ditelungkupkan saat menangis

Sebelum meninggal, bayi yang dititipkan di panti asuhan itu menangis.

Lalu pengasuhnya menaruh korban dengan posisi tengkurap agar berhenti menangis dan bisa ditinggal sembari mengurus bayi yang lainya.

Namun, saat kembali setelah 15 menit ternyata korban tidak bergerak. Kemudian korban dibawa ke Puskemas Bangetayu.

"Karena banyak bayi maka pengasuh ini mengasuh bayi-bayi yang lain. Pengasuh ini kelupaan. Saat di cek bayi itu sudah tidak bergerak. Kemudian bayi dilarikan ke rumah sakit Sultan Agung," ujar Kanit Reskrim Polsek Genuk Ipda Sajudin, Senin (12/2/2024).

Karena puskesmas tutup, korban dibawa ke RSI Sultan Agung Semarang. Nahas, setibanya di lokasi korban sudah dalam keadaan meninggal.

Ia menjelaskan peristiwa tersebut terjadi pada Minggu pagi pukul 07.30 WIB dan jasad korban dimakamkan di hari yang sama pada pukul 13.30 WIB.

Sementara itu Kasatreskrim Polrestabes Semarang, Kompol Andika Dharma Sena mengatakan, setelah dari RSI, korban lansung dimakamkan oleh pengurus yayasan, di TPU Bergota sebelum polisi daang.

"Saksi saksi sendiri, sudah ada dua orang yang kami ambil keterangan. Semua masih saksi. Nanti akan kita infokan kembali terkait progres penangananya," kata Kompol Andika pada Senin (12/2/2024).

Ia mengatakan pembongkaran makam AZD dilakukan untuk keperluan otopsi setelah polisi menerima laporan dari C.

"Karena adanya laporan ini kami harus mengetahui penyebabnya. Sehingga tadi pagi lakukan ekshumasi, kita bongkar makamnya," ungkap Andhika.

Tekait pembongkaran, orangtua kandung korban mengizinkan upaya itu untuk mencari tahu penyebab kematian sang buah hati. Lalu jasad korban dibawa ke RSUP dr Kariadi Semarang guna dilakukan otopsi.

"Dengan ekshumasi itu sendiri, orangtua korban mengijinkan otopsi. Sekarang sedang dalam proses otopsi di RSUP dr Kariadi," tegasnya.

Secara terpisah tribunjateng.com telah berusaha meminta konfirmasi pengurus panti asuhan Rumah Anak Surga.

Namun belum ada pengurus panti asuhan yang mau memberikan pernyataan terkait peristiwa ini.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Titis Anis Fauziyah | Editor: Gloria Setyvani Putri), Tribun Jateng

https://regional.kompas.com/read/2024/02/13/181800578/bayi-3-bulan-meninggal-di-panti-asuhan-semarang-sempat-ditengkurapkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke