Salin Artikel

Antar Logistik Pemilu di Lampung, Tembus Lumpur Pakai Gerobak Sapi

Pendistribusian kotak dan surat suara terpaksa harus menggunakan transportasi gerobak sapi karena akses sulit dijangkau kendaraan.

Proses pendistribusian logistik ini dipimpin langsung oleh Kapolres Pesisir Barat AKBP Alsyahendra pada Minggu (12/2/2024) mulai dini hari.

Bersama personel TNI, KPU, Bawaslu dan linmas Pesisir Barat, aparat gabungan ini menempuh jarak hingga 20 kilometer yang merupakan jalan berlumpur dan menyeberangi muara sungai.

"Pendistribusian ke wilayah terpencil sudah dilakukan kemarin, ada empat pekon (desa) yaitu Pekon Bandar Dalam, Pekon Way Haru, Pekon Way Tias dan Pekon Siring Gading," kata Alsyahendra yang dihubungi dari Bandar Lampung, Senin (12/2/2024) pagi.

Total personel keamanan yang membantu pendistribusian logistik ini ada sebanyak 50 personel yang terdiri dari 35 anggota Polres Pesisir Barat dan 15 anggota Kodim 0422 Lampung Barat.

Alsyahendra mengatakan, pengiriman logistik pemilu menggunakan gerobak yang ditarik sapi. Sedangkan para petugas yang mengawal berjalan kaki.

Medan yang dilalui pun termasuk berat, karena sebagian besar masih jalan tanah yang menjadi kubangan lumpur saat hujan.

Beberapa kali perjalanan tertunda karena gerobak terjebak lumpur, sehingga harus didorong agar bisa kembali melanjutkan perjalanan.

Belum lagi anggota harus menyeberangi muara sungai selebar hampir 50 meter dan berkedalaman setinggi pinggang orang dewasa.

"Kondisi medan memang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat dan roda dua. Bisa sepeda motor tapi harus dimodifikasi," kata dia.

Setelah perjuangan seharian, logistik pemilu itu berhasil didistribusikan pada sore hari.

"Berat dan memang kami kesulitan, tapi berkat kerja sama yang solid menjelang sore sudah berhasil didistribusikan ke empat pekon," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/12/125311078/antar-logistik-pemilu-di-lampung-tembus-lumpur-pakai-gerobak-sapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke