Salin Artikel

Bantah Bobby, Ketua Fraksi PDI-P Solo Sebut Gibran Tak Pernah Bangun Stadion, tapi Hanya Renovasi

Pernyataan itu disampaikan Wali Kota Medan dalam acara konser Indonesia maju (KIM) di Stadion Baharoedin Siregar, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (7/2/2024).

Menanggapi pernyataan itu, Ketua Fraksi PDI-P DPRD Kota Solo Yohanes Fidelis (YF) Sukasno malah menyinggung pendapatan asli daerah (PAD) di APBD tahun 2023 yang tidak tercapai.

"Sudah saya tidak menanggapi yang dibangun-bangun apa. APBD tidak tercapai kok bangun," kata Sukasno saat dihubungi Kompas.com di Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/2/2024).

Dia menilai tidak ada pembangunan stadion di Solo. Selama pemerintahan Gibran, stadion di Solo hanya mengalami perbaikan atau renovasi.

Diketahui, renovasi stadion dilakukan lantaran digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U20 2023 yang akhirnya batal digelar. Akhirnya, Solo menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Piala Dunia U17 pada November 2023.

"Iya, hanya renovasi," katanya.

Sukasno juga menyinggung soal rencana Pemkot melakukan refocusing atau pemangkasan anggaran pada APBD 2024 hingga Rp 150 miliar.

"Saat ini refocusing anggaran Rp 150 miliar. Bayangkan itu APBD 2024. Rencana mau ada refocusing, refocusing itu pemotongan," kata dia.

Dia meminta DPRD ikut dilibatkan terkait rencana refocusing anggaran APBD 2024 karena pada saat pembahasan APBD 2024 dilakukan bersama DPRD.

"Karena persoalan PAD yang tidak terpenuhi kan menyebabkan perencanaan jadi terganggu. Harusnya DPRD kami minta untuk dilibatkan dalam refocusing itu," terang Sukasno.

"Artinya PAD 2022 tidak tercapai itu menyebabkan persoalan di APBD 2023. APBD 2023 PAD-nya tidak tercapai lagi. Ini menyebabkan di APBD 2024 ini," ungkap dia.

Sebelumnya diberitakan, Bobby Nasution ikut menghadiri acara konser indonesia maju (KIM) bersama calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Stadion Baharoedin Siregar, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (7/2/2024).

Bobby yang kini menjabat Wali Kota Medan, kemudian menyindir pihak yang sombong karena telah mampu membangun stadion.

Dalam orasinya, awalnya, Bobby mengajak massa di sana untuk memenangkan Prabowo-Gibran satu putaran.

Bobby juga memuji orang-orang di sekitar Prabowo-Gibran yang memiliki latar belakang yang baik, salah satunya Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang hadir di kampanye itu. Bobby menilai Erick berhasil memajukan sepak bola Indonesia.

"Hari ini sudah kita buktikan yang buat sepak bola maju ada orangnya di sini, Pak Erick Thohir, Ketua PSSI, yang pastinya akan men-support, mendukung, dan akan memberikan (masukan) kepada Pak Prabowo dan Mas Gibran,'' ujar Bobby.

Bobby kemudian menyinggung ada pihak yang sombong karena telah membangun stadion. Namun, Bobby tidak menyebutkan orang yang dimaksud.

"Yang hadir di sini sudah jelas buktinya. Ngomong-ngomong sepak bola, tadi sudah disampaikan, kalau hanya perkara bangun stadion saja, Mas Gibran pun bangun stadion di Solo. Jadi jangan sombong-sombong kali. Kita pun di Medan bisa juga bangun stadion kalau anggarannya ada," ujarnya.

Menantu Presiden Jokowi ini mengatakan, Indonesia memerlukan pemimpin yang berprestasi, bukan hanya sekedar pandai bicara.

"Pak Prabowo dan Mas Gibran jelas bukan hanya omong-omong, bukan hanya bercakap saja, tapi sudah jelas banyak karya yang dibuat Mas Gibran di Solo. Terlebih lagi dilakukan Pak Prabowo dalam beberapa tahun kebelakang," ujar Bobby.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/09/160211278/bantah-bobby-ketua-fraksi-pdi-p-solo-sebut-gibran-tak-pernah-bangun-stadion

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke