Salin Artikel

Kapolres Serang Ingin Adopsi Bayi Dibuang Orangtuanya di Pinggir Sawah

Bayi yang baru dilahirkan ditemukan dalam kondisi hidup oleh warga yang ingin mencari belut di sawah pada Senin (5/2/2024).

Kepala Kepolisian Resor Serang AKBP Candra Sasongko berencana mengadopsi bayi yang kini sedang dalam perawatan di Puskesmas Ciruas.

"Apabila jadi untuk mengadopsi, maka saya harus sesuai dengan prosedur untuk diajukan ke lembaga yang berwenang melalui mekanisme yang ada," kata Candra melalui keterangan tertulisannya, Rabu (6/2/2024).

Candra menjelaskan, penemuan bayi berjenis kelamin laki laki tersebut berawal adanya warga bernama Andi yang ingin mencari belut disawah.

Saat itu, Andi mendengar ada tangisan bayi di pinggir jalan, dan setelah dicek ternyata bayi yang dibungkus kantong plastik berlapis-lapis.

"Adanya penemuan bayi dilaporkan warga dan selanjutnya bayi tersebut dievakuasi kerumah bidan des untuk diberikan perawatan," ujar Candra.

Terkait pelaku yang tega membuang bayi yang masih menempel tali pusarnya itu masih didalami oleh penyidik.

"Saat ini masih mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi disekitar tempat kejadian perkara," ujar dia.

Mantan Kasubdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Banten itu memerintahkan kepada Babinkamtibmas meminta bantuan masyarakat untuk mencari pelaku.

"Kalau ada wanita hamil yang kemudian tiba-tiba perutnya sudah mengecil tanpa diketahui kapan dan dimana melakukan persalinan akan diproses sesuai prosedur hukum yang berlaku,’ kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/06/182309378/kapolres-serang-ingin-adopsi-bayi-dibuang-orangtuanya-di-pinggir-sawah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke