Salin Artikel

Polisi Sosialisasi Pemilu ke Pelabuhan-pelabuhan Rakyat di Bengkalis

Warga dari pulau terluar di wilayah ini, hendak menyeberang ke daratan Sumatera, yaitu ke Kota Dumai.

Keramaian warga tersebut dimanfaatkan petugas kepolisian Polsek Rupat untuk melakukan sosialisasi Pemilu 2024, yang tinggal menghitung hari.

Kepala Polsek Rupat AKP Siswoyo mengatakan, sosialisasi dan edukasi pemilu dilakukan anggota Pembinaan Masyarakat (Binmas) dan Bhabinkamtibmas Polsek Rupat.

"Hari ini, kami sosialisasi pemilu ke warga di pelabuhan-pelabuhan yang hendak menyeberang dari Rupat ke Dumai," ujar Siswoyo.

Dia menjelaskan, sosialisasi ini sebagai bentuk cooling system di tengah masyarakat untuk memastikan kondisi keamanan dan ketertiban yang baik dan kondusif.

Selain menjaga kondusivitas menjelang pesta demokrasi, petugas juga mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi menyalurkan hak pilihnya.

"Pemilu serentak sebentar lagi. Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat menyalurkan hak pilihnya dan menjaga situasi kamtibmas," ucap Siswoyo.

Di samping itu, petugas juga mengimbau masyarakat yang hendak menyeberang ke Kota Dumai untuk berhati-hati dan menjaga keselamatan.

Sebab, transportasi yang digunakan untuk mengarungi lautan itu hanya menggunakan kapal tradisional pompong.

Dikatakan Siswoyo, pelabuhan penyeberangan rakyat ini sudah lama digunakan masyarakat Rupat. Jauh sebelum adanya sarana penyeberangan yang lebih modern, yaitu kapal roro.

"Saat ini masih banyak masyarakat memanfaatkan sarana penyeberangan tradisional ini, karena dapat mempersingkat waktu perjalanan bagi masyarakat Pulau Rupat menuju Pulau Bengkalis dan juga ke Kota Dumai."

"Jarak tempuh sekitar satu jam, dan ongkos Rp 50.000 per orang," sebut Siswoyo.

Keberadaan kapal pompong masih banyak dimanfaatkan warga untuk mempersingkat waktu menyeberangi lautan. Meski dari segi keselamatan masih kurang aman.

Namun, petugas mengingatkan kepada pemilik tranportasi untuk tetap memerhatikan keselamatan penumpang.

"Kami meminta pemilik tranportasi, agar memerhatikan kondisi cuaca."

"Kemudian, kelengkapan keselamatan seperti baju pelampung dan sebagainya. Jangan paksakan menyeberang kalau ombak sedang tinggi," tutup Siswoyo.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/06/113609478/polisi-sosialisasi-pemilu-ke-pelabuhan-pelabuhan-rakyat-di-bengkalis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke