Salin Artikel

PKN Belum Tentukan Pilihan Capres, Anas Urbaningrum Ungkap Alasannya

Ketua Umum PKN Anas Urbaningrum mengungkapkan sejumlah alasan terkait sikap partainya yang memang belum menentukan dukungan kepada para capres dan cawapres tersebut.

Meskipun saat ini sudah terdapat tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), pihaknya mengaku konsentrasinya saat ini bukan pada pilpres.

"PKN itu sekarang tahapannya masih konsentrasi pada pileg, belum pada pilpres," ucap Anas usai mengisi acara sarasehan bersama HMI Cabang Blora, di Blora, Jawa Tengah, Jumat (2/2/2024).

Fokus pada pileg

Eks Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu menerangkan, PKN merupakan partai baru sehingga belum bisa menjadi partai pengusung dalam kontestasi pilpres.

Selain itu, dirinya juga memberikan kesempatan kepada para calon legislatif (caleg) untuk fokus dalam pemilihan legislatif (pileg) yang berbarengan dengan pilpres.

"Sebagai partai yang muda, kami upayakan pileg dulu, caleg-calegnya itu kami fasilitasi biar lebih lincah di dapilnya masing-masing bekerja, sehingga tidak terganggu oleh urusan pilpres," terang dia.

Dengan tidak tergesa-gesa dalam mendukung salah satu pasangan calon, Anas berharap para calegnya dapat melenggang ke kursi dewan.

"PKN memberikan kesempatan kepada para calegnya di seluruh Indonesia untuk memaksimalkan kolam-kolam politik masing-masing biar perolehan suaranya di dalam pileg maksimal, biar bisa berangkat ke DPR dan DPRD. Jadi PKN belum mengambil keputusan untuk menentukan arah politiknya," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/02/220032078/pkn-belum-tentukan-pilihan-capres-anas-urbaningrum-ungkap-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke