Salin Artikel

Pangdam XVIII/Kasuari Pastikan Pemilu di Papua Barat dan Papua Barat Daya Aman dan Kondusif

Hal itu diungkapkan pangdam ketika memimpin apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan TNI pada pengamanan Pemilu 2024 di Alun-alun Aimas Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Kamis (1/2/2024).

"Saya menyatakan secara umum bahwa daerah Papua Barat dan Papua Barat Daya dalam keadaan aman."

"Jadi masyarakat saya minta tanggal 14 Februari jangan ragu datang ke tempat pengugutan suara (TPS) untuk mempergunakan hak memberikan suaranya yang berkelanjutan lima tahun ke depan," kata IIyas.

Pangdam menyebutkan jumlah personil TNI yang terlibat dalam pengamanan Pemilu sebanyak 5.051 untuk membantu kepolisian yang terdiri dari Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

Meski demikian, jelang Pemilu aman dan kondusif Pangdam mengakui pihak KPU dan Bawaslu dalam setiap pertemuan sudah melakukan pemetaan ancaman terhadap Pemilu.

" Saya kira sudah ada ya soal daerah pemetaan dan itu yang menjelaskan berdasarkan indeks rawan itu ada di Bawaslu," ujar Pangdam.

Ditanya soal netralitas TNI dalam Pemilu 2024, Pangdam meminta masyarakat apabila melihat ada oknum TNI yang terlibat segera melaporkan ke posko Polisi Militer.

"Netralitas TNI itu sudah jelas ada lima poin yakni tidak boleh memihak, tidak boleh membantu, tidak boleh mengarahkan apabila ingin menjadi caleg harus resign dulu."

"Apabila dilanggar ada sanksi administrasi berdasarkan penyidikan akan mendapat hukuman pidana," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/01/152615478/pangdam-xviii-kasuari-pastikan-pemilu-di-papua-barat-dan-papua-barat-daya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke