Salin Artikel

Hindari Konflik Saat Pemilu, Forum Umat Beragama NTB Tutup Sementara Mediasi Antarkelompok

Ketua FKUB NTB Tuan Guru Muhamad Subki Sasaki mengatakan, penutupan sementara mediasi tersebut untuk menghindari gesekan sosial yang berpotensi mengganggu kondusivitas daerah.

"Mengingat pentingnya menjaga kondusivitas daerah di tahun politik, maka diarahkan kepada semua ketua dan pengurus FKUB Kabupatem Kota di NTB untuk melakukan penundaan atau penutupan sementara rapat mediasi atas isu-isu yang patut diduga berpeluang menimbulkan kerawanan-kerawanan konflik sosial," ungkap Subki, Selasa (30/1/2024).

Selain itu, Subki mengimbau para pihak yang tengah bertikai agar dapat menahan diri hingga nantinya Pemilu berakhir.

"Mengajak para pihak yang bertikai untuk menahan diri. Rapat mediasi isu-isu tersebut dapat dilakukan kembali setelah proses Pileg dan Pilpres selesai," tegas Subki.

Subki menyebutkan, ada beberapa surat masuk ke FKUB untuk menjadi fasilitator mediasi sejumlah persoalan keagamaan di NTB.

"Ada beberapa laporan permintaan mediasi dari kami, seperti ada pembangunan gereja di Dompu, kemudian di Lunyuk Sumbawa Komunitas Hindu yang dirusak, kemudian ada di Mataram kelompok Islam yang ingin mengadakan kegiatan, ini ditolak oleh beberapa kelompok juga," kata Subki.

Subki mengarahkan para tokoh agama untuk mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan fasilitas agama menjadi lokasi kampanye.

"Mari kita menghindari politik identitas yang berujung pada perpecahan, yang kedua mari kita jangan berkampanye atau sosialisasi di rumah ibadah," kata Subki.

Selain itu, Subki juga mengimbau masyarakat agar selalu menjaga tali persaudaraan meskipun nantinya berbeda dalam pilihan politik.

"Mari saling menjaga terus silaturahim kita. Perbedaan pilihan itu adalah hak masing-masing yang dilindungi oleh undang-undang atau konstitusi, perbedaan pilihan kita jangan sampai menjadikan kita terpecah belah satu dengan yang lain," ungkap Subki.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/30/155142578/hindari-konflik-saat-pemilu-forum-umat-beragama-ntb-tutup-sementara-mediasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke