Salin Artikel

Turun ke Level Siaga, Pemkab Belum Putuskan Perpanjangan Masa Tanggap Darurat Erupsi Lewotobi

Meski demikian, pemerintah Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), belum memutuskan perpanjangan masa tanggap darurat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki.

Pemkab Flores Timur menetapkan masa tanggap darurat bencana erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki sejak 1 Januari-14 Januari 2024.

Kemudian diperpanjang hingga 24 Januari 2024. Lalu, diperpanjang lagi hingga 31 Januari 2024.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Flores Timur, Hironimus Lamawuran mengatakan, meski status gunung Lewotobi Laki-laki sudah turun ke level siaga, tetapi belum ada keputusan terkait perpanjangan status tanggap darurat bencana.

"Belum ada informasi (perpanjangan masa tanggap darurat bencana erupsi)," ujar Hironimus kepada Kompas.com, Senin (29/1/2024).

Hironimus berjanji akan menyampaikan informasi terkait status tanggap darurat, apabila sudah ada keputusan resmi.

"Nanti akan disampaikan lebih lanjut," kata dia.

Dia mengungkapkan, hingga Minggu (28/1/2024) petang jumlah pengungsi korban erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki sebanyak 6.275 jiwa.

Pengungsi yang tinggal di kamp pengungsian sebanyak 2.777 jiwa, rumah warga 3.438 jiwa, dan 60 jiwa di dua fasilitas umum.

Dia mengimbau korban terdampak erupsi tetap berada di lokasi pengungsian sembari menunggu arahan selanjutnya.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunung Lewotobi Laki-laki dari level IV awas ke level III siaga pada Senin (29/1/2024) pukul 12.00 Wita.

Penurunan status ini berdasarkan hasil analisis dan evaluasi menyeluruh aktivitas vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki pada periode selama 23 Januari-29 Januari 2024.

Kepala PVMBG, Hendra Gunawan menerangkan, berdasarkan pengamatan secara visual dan kegempaan pada periode ini, menunjukkan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki cenderung menurun.

Meski begitu, Hendra mengimbau tetap mengikuti rekomendasi PVMBG.

Masyarakat maupun wisatawan tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 4 kilometer dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-lakiserta sektoral 5 kilometer pada arah utara-timur laut dan 6 kilometer pada sektor timur laut.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/29/203207678/turun-ke-level-siaga-pemkab-belum-putuskan-perpanjangan-masa-tanggap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke