Salin Artikel

Aparat: 500 Warga di Intan Jaya Mengungsi akibat Teror KKB Kian Brutal

Sejak 19 Januari 2024, situasi keamanan di Sugapa menjadi kurang kondusif setelah adanya rangkaian kontak tembak dan pembakaran rumah.

“Benar telah terjadi pengungsian besar-besaran masyarakat Sugapa minta perlindungan aparat TNI-Polri. Saat ini masyarakat pengungsi dalam keadaan aman dan telah diarahkan oleh aparat keamanan untuk diungsikan di rumah milik tokoh masyarakat, juga ditampung di Pos TNI-Polri,” ujar Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa melalui keterangan tertulis, Kamis (25/1/2024).

Menurut dia, warga yang memilih mengamankan diri berasal dari Kampung Holomama, Soambili, Mamba Atas, Amaisiga, Jalai, dan Yokatapa.

“Kondisi ini sangat memperihatinkan sampai saat ini jumlah masyarakat yang mengungsi  mendekati 500 orang dan jumlah ini akan terus bertambah seiring tindakan teror KKB yang semakin brutal," kata Suriastawa.

Sebagai informasi, situasi keamanan di Intan Jaya terganggu setelah kelompok kriminal bersenjata (KKB) melakukan aksi penembakan di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Jumat (19/1/2024).

Akibat kejadian tersebut, seorang anggota Brimob Bripda Alfandi Steve Karamoy gugur setelah mengalami luka tembak di bagian rahang.

Sehari berselang, KKB menembaki Pos TNI dan kemudian membakar rumah.

Hingga kini, rentetan kontak senjata telah mengakibatkan enam anggota KKB tewas.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/25/115631778/aparat-500-warga-di-intan-jaya-mengungsi-akibat-teror-kkb-kian-brutal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke