Salin Artikel

Jokowi Sebut Presiden Boleh Memihak di Pilpres, Hasto: Sudah Diprediksi Lama

"Sudah diprediksi lama," ujar Hasto saat ditemui setelah menonton pertunjukkan teater bertajuk Musuh Bebuyutan yang digelar di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Rabu (24/1/2024) malam.

Ia juga mengaku tidak kaget dengan pernyataan presiden tersebut.

"Tidak, hanya sebelumnya kan kami berdoa berharap bahwa beliau dapat menjalankan legacy-nya sebagai pemimpin," kata Hasto.

Menurutnya, kepemimpinan seseorang bisa diukur dari bagaimana menyiapkan suksesornya melalui proses yang akuntabel. Sehingga masyarakat dapat memilih secara bebas.

Hasto menyebut pernyataan presiden tersebut menimbulkan reaksi-reaksi dari berbagai kalangan, seperti akademisi, dan mahasiswa.

"Kekuasaan bukan dikedepankan tetapi ide gagasan dan track record dari pemimpin yang seharusnya dapat diangkat oleh pemimpin nasional kita," ujar dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memberikan tanggapannya saat ditanya keberpihakannya ke pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) tertentu dalam kontestasi Pilpres 2024 ini.

"Itu yang mau saya tanya, memihak enggak?" ujar Jokowi sambil tertawa saat memberikan keterangan pers di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2024).

Lalu, wartawan juga bertanya apakah Kepala Negara akan berkampanye untuk pasangan capres-cawapres tertentu di pemilu ini.

Presiden Jokowi pun menyatakan boleh saja dia berkampanye asalkan tidak memakai fasilitas negara.

"Ya boleh saja saya kampanye, tapi yang penting tidak gunakan fasilitas negara," tuturnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/25/102522778/jokowi-sebut-presiden-boleh-memihak-di-pilpres-hasto-sudah-diprediksi-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke