Salin Artikel

KKB Serang Pos TNI di Intan Jaya, 1 Anggota KKB Tewas Tertembak

Penyerangan pos tersebut terjadi sekitar pukul 09.30 hingga 10.11 WIT.

Saat itu KKB menembaki pos dari arah permukiman yang berjarak sekitar 200 meter.

"TNI melakukan tembakan balasan dengan gencar, sehingga terjadi kontak tembak dan selanjutnya terpantau KKB melarikan diri ke arah Gereja Pastoran dengan menyeret salah satu anggotanya yang terkena tembakan," ujar Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa, melalui keterangan tertulis, Selasa.

Berdasarkan informasi, diketahui bahwa salah satu anggota KKB bernama Melkias Matani terkena tembakan dan meninggal dunia.

"Perintah Yoswa Maiseni sebagai Komandan perang Batalyon Wabu untuk segera menghilangkan jejak dari pengejaran Aparat TNI-Polri dengan membakar rumah warga," kata dia.

Sebagai informasi, situasi keamanan di Intan Jaya terganggu setelah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan aksi penembakan di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, pada Jumat (19/1/2024).

Akibat kejadian tersebut, seorang anggota Brimob, Bripda Alfandi Steve Karamoy, gugur setelah mengalami luka tembak di bagian rahang.

Sehari berselang, KKB menembaki Pos TNI dan kemudian melakukan pembakaran rumah.

Kontak senjata kembali terjadi pada Minggu (21/1/2024). Dalam kejadian tersebut, tiga anggota KKB tewas. Selain itu, seorang warga sipil, usak Sondegau, tewas akibat luka tembak.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/23/181127678/kkb-serang-pos-tni-di-intan-jaya-1-anggota-kkb-tewas-tertembak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke