Salin Artikel

Angin Kencang, Tenda Tabligh Akbar di Luwu Timur Ambruk

LUWU TIMUR, KOMPAS.com - Tabligh akbar memeringati Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke-78 dan Hari Jadi Luwu (HJL) ke-756 berlangsung di Stadion Andi Hasan Opu To Hatta Malili, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Sabtu (20/1/2024) sore.

Namun kemudian, sejumlah tenda di acara itu ambruk saat tiba-tiba diterjang angin kencang.

Tenda jamaah satu persatu lepas terpalnya hingga rubuh, dan menimbulkan kepanikan. Orang-orang berhamburan menyelamatkan diri dan menghindari bahaya.

Tidak hanya tenda jamaah yang ambruk, sejumlah baliho di lokasi pun ikut roboh diterjang angin kencang.

Menurut warga, Risman (40) peristiwa ini terjadi saat memasuki penghujung acara tablig akbar.

Awalnya, kata dia, cuaca berawan tiba-tiba mendung, lalu terjadi angin kencang sehingga terpal penutup tenda lepas satu persatu hingga merobohkan tenda.

“Awalnya tenda lepas di atas, tak lama kemudian rubuh, beruntung warga sudah keluar sebelum tenda rubuh, jadi warga selamat,” kata Risman saat dikonfirmasi di lokasi, Sabtu (20/1/2024).

Risman mengatakan, dalam beberapa hari terakhir cuaca buruk kerap melanda wilayah Luwu Timur pada siang atau sore hari.

“Dalam beberapa hari ini memang cuaca buruk sering terjadi misalnya hujan deras disertai angin, tapi kalau hari ini langsung angin kencang datang dan merubuhkan tenda, setelah angin kencang baru turun hujan deras,” ucap Risman.

Peringatan HPRL dan HJL tahun ini dipusatkan di Kabupaten Luwu Timur, kegiatan tersebut diawali dengan Tabligh Akbar dengan mendatangkan Ustadz Abdurrahman Jaelani dari Jakarta.

Saat angin kencang tiba, ustadz memandu warga berdoa meminta pertolongan agar bencana menjauh.

“Ya Allah dengarkanlah permohonan kami, ridhoilah dakwah kami, kita mesti berhati-hati dengan kondisi seperti ini, kita berserah diri kepada Allah,” ujar Abdurrahman.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sejumlah panitia acara pun membersihkan lokasi baru saja diterjang angin kencang.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/20/224302178/angin-kencang-tenda-tabligh-akbar-di-luwu-timur-ambruk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke