Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Remaja Kendarai Fortuner Tabrak 2 Orang hingga Tewas | Kecelakaan Bus "Study Tour' di Tol Ngawi

KOMPAS.com - Seorang remaja putri berinisial AJ (16) mengendarai mobil Toyota Fortuner menabrak bus Isuzu Elf hingga mengakibatkan korban jiwa.

Insiden ini menewaskan dua orang di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (18/1/2024).

Selain itu, bus rombongan study tour Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sidoarjo mengalami kecelakaan di Tol Solo-Ngawi Kilometer 577/A pada Kamis (18/1/2024) sekitar pukul 20.30 WIB.

Seorang guru dan murid dilaporkan meninggal dalam kecelakaan itu.

Dua berita tersebut menjadi perhatian banyak pembaca Kompas.com. Berikut ini lima berita populer Nusantara yang dirangkum pada Jumat (19/1/2024).

Insiden kecelakaan ini melibatkan remaja putri berinisial AJ.

Kepala Seksi Humas Polres Banjarbaru, AKP Syahruji mengatakan, mobil Toyota Fortuner dikendarai oleh remaja putri berinisial AJ yang masih berusia 16 tahun.

"Sementara Isuzu Elf berpenumpang 15 orang," ujar Syahruji saat dikonfirmasi, Jumat (19/1/2024).

Seluruh penumpang Isuzu Elf diketahui merupakan rombongan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin, Kalsel.

"Mereka menuju ke arah Banjarbaru dengan tujuan ke bandara selanjutnya tertabrak mobil Fortuner yang datang dari Banjarmasin menuju kearah Banjarbaru," ungkapnya.

Akibat tabrakan itu, sopir Isuzu Elf dan seorang penumpangnya tewas di tempat kejadian. Sementara AJ pengemudi Fortuner hanya mengalami luka ringan.

2. Kecelakaan bus study tour di Tol Ngawi

Kronologi kecelakaan itu bermula saat bus yang membawa 44 orang penumpang itu melaju dari arah Solo menuju Ngawi di Tol Solo-Ngawi.

Di depan bus itu terdapat truk engkel yang melaju dari arah yang sama.

Tiba di Km 575, truk mengalami pecah ban belakang kiri dan mengakibatkan bodi truk terguling ke sisi kanan jalan.

Karena jarak terlalu dekat, bus rombongan siswa dan guru SMAN 1 Sidoarjo itu lalu menghantam bodi belakang truk.

"Benar (seperti itu kronologinya)," kata Kasat PJR Polda Jatim, AKBP Alex Sandy Siregar TD.

Ia menambahkan, guru tersebut meninggal saat dibawah ke rumah sakit. Pihaknya telah melakukan olah tempat kejadian perkara dan proses evakuasi.

"Anggota masih laksanakan TPTKP dan bantu proses evakuasi. Update data setelah ini ya. Info awal betul satu orang guru meninggal dunia di rumah sakit," kata Alex seperti dikutip TribunJatim.com, Kamis (18/1/2024).

Rombongan siswa SMAN 1 Sidoarjo itu berangkat pada Selasa (16/1/2024) untuk melaksanakan kegiatan study tour di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Saat kecelakaan itu terjadi, mereka sedang dalam perjalanan pulang ke Sidoarjo.

Sultan Hamengku Buwono X mengaku bingung saat awak media mewawancarai dirinya terkait foto dirinya bersama Ketua PSI beberapa waktu lalu.

"Aku ngene dilokke (saya begini dikomentari)," kata Sultan, sambil memeragakan ngapurancang di salah satu warung makan di Nglanggeran, Kamis (18/1/2024).

"Aku ngene, ra oleh karo iki (saya begini, enggak boleh sama ini)," kata Sultan, sambil menunjuk Ketua DPRD DIY Nuryadi, disusul tawa.

Sultan kemudian baru menjawab pertanyaan dari awak media, terkait kegiatan hari ini.
Sebelumnya, Ngapurancang menurut Koordinator Substansi Bagian Humas Biro Umum, Humas dan Protokol Setda DIY Ditya Nanaryo Aji posisi kedua tangan berada di bawah pusar, yang bermakna menunjukkan hormat terhadap lawan bicara, rendah hati, mau mendengarkan aspirasi pihak lain.

Setiap musim hujan, Padukuhan Kedungwanglu, Kalurahan Banyusoco, Kapanewon Playen, Gunungkidul, DI Yogyakarta, warga harus bertaruh nyawa untuk beraktivitas.

Sebab, mereka harus menyeberang sungai yang arusnya deras.

Salah satu warga mengirimkan video durasi 19 detik kepada awak media. Video tersebut menunjukkan aktivitas warga yang menyeberang di tengah derasnya air sungai.

'Iki luur kahanane Kedungwanglu nek ungsum udan. (Begini luur keadaan Kedungwanglu kalau hujan),' kata pria perekam itu.

Saat dikonfirmasi, salah seorang warga Kedungwanglu, Sofyan Efendi, membenarkan kejadian ini.

"Memang setiap musim hujan kami seperti ini," ujar Sofyan saat dihubungi wartawan melalui telepon, Jumat (19/1/2024).

Dia mengatakan, warga sudah pasrah dengan keadaan ini. Mereka sudah tidak ingin janji lagi untuk pembuatan jembatan karena sampai hari ini belum ada realisasinya.

"Mungkin golput saja ya agar diperhatikan pemerintah," ucap dia.

RK (32) dan DN (33), pasangan suami istri (pasutri) asal Lampung Selatan dibekuk setelah tujuh kali membobol ATM di beberapa tempat berbeda.

Wakil Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Wadireskrimum) Polda Lampung AKBP Hamid Andri Soemantri mengatakan, uang hasil pembobolan ATM itu mencapai Rp 170 juta.

"Kedua pelaku ini suami istri," kata Hamid di Mapolda Lampung, Jumat (19/1/2024) siang.

Keduanya ditangkap di Cilegon, Banten pada Rabu (17/1/2024), saat hendak beraksi kembali di sebuah SPBU.

Hamid menjelaskan, aksi pembobolan ATM terakhir adalah milik korban, Mardi Syahperi (65) seorang pensiunan PNS.

Korban kehilangan uang sebesar Rp 122,5 juta saat hendak mengambil uang di ATM yang berada di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Way Halim pada 24 Desember 2023 lalu.

"Modus kedua pelaku yakni mengganjal lubang kartu ATM dengan tusuk gigi," kata Hamid.

Lantas, ketika korban merasa kesulitan memasukkan kartu, pelaku RK berpura-pura menawarkan bantuan.

"Saat korban lengah, RK mengganti kartu ATM korban dengan kartu yang sudah mereka siapkan," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/20/060000378/-populer-nusantara-remaja-kendarai-fortuner-tabrak-2-orang-hingga-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke