Salin Artikel

Soal Penolakan Vaksinasi Polio di Solo, Dinkes: Belum Ada Laporan

Diketahui, pencanangan sub-Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio di Solo dilaksanakan pada 15 Januari 2024.

"Ini sementara tadi sudah saya koordinasikan belum ada laporan (penolakan) dari masyarakat. Dari warga belum ada," kata Kepala Dinkes Solo Setyowati di Solo, Jawa Tengah, Kamis (18/1/2024).

Ada sebanyak 50.115 anak usia 0-7 tahun di Solo yang menjadi sasaran vaksinasi polio. Sampai dengan saat ini vaksinasi polio di Solo sudah mencapai 56,93 persen.

Pihaknya menargetkan pekan depan semua anak usia 0-7 tahun di Solo yang menjadi sasaran sudah tervaksinasi polio tahap pertama.

"Sudah separuh lebih anak yang divaksin polio. InsyaAllah sesuai target. Mudah-mudahan tercapai," terang dia.

Adapun vaksin polio akan diberikan pada anak sebanyak dua tahap.

Tahap pertama diberikan dua tetes. Kemudian tahap kedua diberikan setelah satu bulan juga sebanyak dua tetes.

"Vaksinnya sudah dipenuhi dari pusat 20.000 vial. Karena satu vial ini kalau indeks terjeleknya untuk 40 anak. Karena teman-teman nakes sudah terlatih jadi bisa lebih," ungkap dia.

Pihaknya juga mengaku telah menyiapkan tim ahli kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) pada anak saat imunisasi polio. Tim ahli yang disiapkan terdiri dokter spesialis.

"Mudah-mudahan tidak terjadi KIPI. Biasanya imunisasi polio ini risikonya sangat-sangat kecillah ada kejadian KIPI," terang Setyowati.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menegaskan, Solo tidak ada penolakan vaksinasi polio dari masyarakat. Vaksinasi ini diberikan demi kesehatan mereka dari penularan penyakit polio.

"Solo tidak ada masalah. Itu demi kesehatan anak-anak untuk masa depan," kata dia, Kamis.

Mengenai adanya penolakan di daerah lain, Teguh meminta seharusnya kepala daerah bisa menyadarkan masyarakat agar anaknya divaksinasi polio, meski tidak ada kasus.

Hal ini sebagai langkah antisipasi.

"Harusnya kepala daerah di masing-masing kabupaten/kota di seluruh Indonesia bisa menyadarkan masyarakatnya bahwa (vaksinasi) polio ini penting. Biarpun mungkin di daerah itu tidak ada kasus," terang dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/19/070000878/soal-penolakan-vaksinasi-polio-di-solo-dinkes--belum-ada-laporan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke