Salin Artikel

2 Anggota TNI di Bima Masuk DPT Pemilu 2024

BIMA, KOMPAS.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), menemukan dua orang anggota TNI aktif masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024.

Hal tersebut berdasarkan hasil pengawasan dan pencermatan terhadap data pemilih yang sudah ditetapkan oleh KPU Kota Bima.

Selain ditemukan anggota TNI aktif, sebanyak 349 pemilih di DPT dinyatakan tidak memenuhi syarat karena meninggal dunia.

"Terdapat total 351 pemilih dalam DPT yang statusnya tidak memenuhi syarat, terdiri dari 349 pemilih meninggal dunia dan dua orang anggota TNI yang masih aktif," kata anggota Bawaslu Kota Bima, Idhar dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (17/1/2024).

Idhar menyampaikan, temuan DPT tak memenuhi syarat tersebut sudah disikapi pihaknya dengan mengirim surat rekomendasi kepada KPU.

Salah satu poin rekomendasi yakni meminta KPU Kota Bima untuk memberi tanda pada 351 DPT yang tidak memenuhi syarat agar tak berisiko menimbulkan pelanggaran saat pemungutan suara di TPS.

"Kami meminta KPU untuk menindaklanjuti dan memberikan tanda pada DPT itu sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ujarnya.

Komisioner Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima, Yeti Safriati menjelaskan, DPT Pemilu 2024 telah ditetapkan pada Juni 2023.

Jika dalam perjalanan Bawaslu menemukan ratusan pemilih di DPT tidak memenuhi syarat karena meninggal dunia, pihaknya tak bisa serta merta langsung menghapus.

DPT tersebut akan disikapi dengan memberi tanda sebagaimana ketentuan yang berlaku.

"Karena kondisinya setelah DPT ditetapkan ya tidak bisa dihapus, nanti akan kita beri tanda saja," kata dia saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Rabu.

Sementara untuk anggota TNI aktif yang ditemukan masuk dalam DPT, Yeti menegaskan bahwa dua anggota TNI tersebut lolos sebagai prajurit setelah DPT ditetapkan, sehingga identitas mereka masih terdata sebagai pemilih.

"Itu kan mereka lolos jadi TNI baru-baru ini, makanya tetap terdata di DPT. Tindak lanjutnya sama kita akan beri tanda juga nanti," Kat Yeti.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/18/062342278/2-anggota-tni-di-bima-masuk-dpt-pemilu-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke