Salin Artikel

5 Maling Bobol Rumah PNS Curi 104 Kodi Kain dan 2 Motor, Polisi Tembak Pelaku

CIREBON, KOMPAS.com - Satuan Reskrim Polresta Cirebon, Jawa Barat, meringkus lima orang komplotan spesialis pencurian rumah kosong.

Kelima pelaku menguras 104 kodi kain serta dua sepeda motor milik korban. Dua dari lima tersangka ditembak petugas karena melawan dan hendak melarikan diri.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni mengungkapkan, keempat pelaku merupakan spesialis pencurian rumah kosong, yakni RAN, DB, TN, dan W. Sedangkan satu tersangka, M, merupakan penadah barang curian tersebut.

Berdasarkan keterangan penyidik, aksi pencurian didalangi T. Ia berkerjasama dengan W, residivis kasus yang sama.

W bersama ketiga lainnya, terlebih dulu mengawasi rumah korban, Syarifudin, yang beralamat di Blok Timur Leste, Desa Tegalgubug, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon. Korban merupakan seorang PNS yang juga pedagang kain di Pasar Sandang Tegalgubug.

"Pada Selasa (31/1/2023) malam Tahun Baru, sekitar pukul 21.00 WIB, pelaku W masuk ke rumah korban melalui jendela dengan menendang menggunakan kaki dan menjebol teralis besi," kata Sumarni dalam gelar perkara Selasa (16/1/2024).

Kemudian, W ditemani T sebagai eksekutor menguras 104 kodi kain berupa kerudung dan kaos. Sedangkan RAN dan BD bertugas menerima kain dari jendela dan memasukkannya ke dalam mobil pikap.

Tak hanya itu, W dan T mengambil dua sepeda motor milik korban yang berada di ruang tamu, dan langsung kabur melalui pintu belakang.

Para tersangka langsung menjual barang curian ke tersangka M sebagai penadah sepeda motor di daerah Jagapura, perbatasan dengan Kabupaten Indramayu.

Petugas menembak kaki kedua pelaku karena melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri. Para tersangka terancam pasal 363 KUHP dengan ancaman 9 tahun kurungan penjara.

Korban sendiri, baru mengetahui kejadian ini pada Selasa (2/1/2024), karena baru pulang dari rumah anaknya lantaran sedang menikmati libur tahun baru. Atas kejadian ini, korban mengalami kerugian di atas Rp 65 juta. 

https://regional.kompas.com/read/2024/01/16/221005078/5-maling-bobol-rumah-pns-curi-104-kodi-kain-dan-2-motor-polisi-tembak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke