Salin Artikel

Akun Medsos Palsu Mencatut Kapolda Kalsel Beredar, Diduga Digunakan untuk Penipuan

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Akun media sosial yang mengatasnamakan Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Winarto baru-baru ini beredar luas di tengah masyarakat.

Terkait hal tersebut, Kepala Bidang Humas Polda Kalsel, Kombes Adam Irwindi mengimbau masyarakat untuk waspada agar tidak menjadi korban penipuan.

Adam mengatakan, belakangan ini, terdapat beberapa akun media sosial dan pesan elektronik palsu yang menggunakan nama dan foto Kapolda Kalsel Irjen Winarto diduga untuk melakukan penipuan.

Untuk itu, pihaknya mengingatkan masyarakat agar berhati-hati jika menerima pesan yang mengatasnamakan Kapolda Kalsel.

"Kami ingatkan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan waspada terhadap informasi yang diterima melalui media sosial atau pesan elektronik yang mencurigakan," ujar Adam kepada wartawan, Senin (15/1/2024) malam.

Adam menegaskan, Kapolda Kalsel maupun aparat kepolisian lainnya tidak pernah menggunakan akun media sosial untuk kepentingan pribadi, apalagi sampai meminta sejumlah uang.

"Kapolda Kalsel atau aparat kepolisian tidak akan pernah meminta uang atau informasi pribadi melalui platform tersebut," tegasnya.

Adam menambahkan, pihaknya tengah menelusuri beredarnya akun media sosial yang mengatasnamakan Kapolda Kalsel dengan bekerja sama dengan platform media sosial atau penyedia layanan pesan.

Hal itu dilakukan untuk mengidentifikasi dan menutup akun-akun palsu yang telah beredar tersebut.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengatasi permasalahan ini. Tetapi, kami juga membutuhkan bantuan dan partisipasi aktif masyarakat untuk melaporkan akun-akun palsu agar dapat segera ditindaklanjuti," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/16/071000278/akun-medsos-palsu-mencatut-kapolda-kalsel-beredar-diduga-digunakan-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke