Salin Artikel

Biawak Besar Kerap Mangsa Ayam dan Masuk Pemukiman, Damkar Turun Tangan

UNGARAN, KOMPAS.com - Seekor biawak berukuran sekitar 1,5 meter dievakuasi anggota Satpol PP dan Damkar Kabupaten Semarang dari area Kali Bandaran Kampung Cemungsari Bandarjo, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Biawak tersebut meresahkan karena seringkali masuk ke permukiman, sehingga membuat warga ketakutan. Selain itu, biawak sering memangsa ternak peliharaan warga, terutama ayam.

Kasi Damkar Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang Hisyam Alwi mengatakan evakuasi dilakukan pada Sabtu (13/1/2023) sekira pukul 10.00 WIB.

"Ada laporan dari warga, seekor biawak berukuran besar sering masuk ke area permukiman warga," ujarnya.

"Warga resah dan sering merasa kehilangan ternak ayam di lingkungan Cemungsari, Kelurahan Bandarjo, Kecamatan Ungaran Barat," ungkapnya.

Menurut Hisyam, evakuasi tersebut tak membutuhkan waktu lama.

"Petugas Damkar dibantu warga sekitar berhasil mengevakuasi Biawak yang meresahkan tersebut dengan aman tanpa terkena serangan dari biawak," jelasnya.

Selanjutnya biawak tersebut dibawa ke Posko Damkar untuk dikembalikan ke alam liar yang jauh dari pemukiman warga.

"Ini demi keamanan warga dan juga menjaga populasi biawak, jadi dirilis ke habitatnya namun yang jauh dari permukiman agar tidak terganggu," kata Hisyam.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/14/144449778/biawak-besar-kerap-mangsa-ayam-dan-masuk-pemukiman-damkar-turun-tangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke