Salin Artikel

Viral, Foto Dandim Sukoharjo Terpasang di APK Bersama Prabowo-Gibran, Ini Kata Bawaslu

Dalam APK tersebut tertulis 'SELAMAT DAN SUKSES'.

Salah satu akun yang mengunggahnya yakni @Anak*** pada Rabu (10/1/2024) pukul 09.11 WIB.

Saat dikonfirmasi, Ketua Bawaslu Sukoharjo Rochmad mengaku telah menemukan APK Prabowo-Gibran yang terpasang foto Dandim Sukoharjo tersebut.

Kendati demikian, pihaknya tidak tahu kapan APK tersebut dipasang.

"Kapan dipasangnya kami tidak mengetahui. Tetapi yang pasti jajaran kami menemukan itu pada Selasa (9/1/2024) pagi. Kemudian pada saat itu langkah antisipasi kami langsung tertibkan," kata Rochmad di Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (11/1/2024).

Terpasang di area persawahan

Menurut dia, APK tersebut terpasang di tiga titik di area persawahan di Kecamatan Sukoharjo dan Bendosari. Semua APK sudah dilepas dan diamankan ke Bawaslu.

Pihaknya mengatakan akan menelusuri terkait APK tersebut.

"Kami sudah menginstruksikan jajaran kami untuk melakukah penyisiran di seluruh Sukoharjo dan sampai dengan detik ini baru tiga itu yang kami temukan," jelas dia.

Klarifikasi Dandim Sukoharjo

Terkait dengan APK tersebut, Dandim Sukoharjo juga telah mendatangi Bawaslu untuk melakukan klarifikasi.

"Beliau (Dandim Sukoharjo) menginformasikan ke saya kemudian pada saat itu juga beliau langsung ke Bawaslu untuk melakukan klarifikasi," ungkap dia.

Diduga foto Dandim itu ditempel kemudian dicetak menjadi MMT bersama foto Prabowo-Gibran.

"Kalau dicetak langsungnya dalam konteks MMT ya langsung. Hanya kalau melihat gambarnya itu tempelan dijadikan satu. Itu analisis kami ya," jelasnya.

Sementara berdasarkan informasi dari Humas Kodim 0726/Sukoharjo akan ada konferensi pers terkait temuan APK bergambar Dandim Sukoharjo pada hari ini pukul 16.00 WIB. Rencananya konferensi pers digelar di Kantor Bawaslu Sukoharjo.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/11/152215678/viral-foto-dandim-sukoharjo-terpasang-di-apk-bersama-prabowo-gibran-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke