Salin Artikel

Yenny Wahid Sebut Wajar Data Anggaran Pertahanan Ditanyakan dalam Debat Pilpres

Diketahui, debat ketiga pilpres mengusung tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, dan geopolitik. Debat itu digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Terkait hal itu, Yenny berpendapat wajar masalah data anggaran pertahanan ditanyakan. Alih-alih narasi debat capres menyerang pribadi Prabowo, pertanyaan demikian bentuk aspirasi mengenai transparansi anggaran.

“Data tentang strategi pertahanan memang harus rahasia. Dan, itu tidak ditanyakan dalam debat,” ujarnya di sela acara pembekalan Relawan Tindak Lanjut (Rajut) Ganjar-Mahfud di Pondok Pesantren Nihadlul Muta’alimin, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (10/1/2024).

Menurutnya, fokus debat adalah transparansi anggaran pertahanan. Sebab, publik juga ingin mengetahui postur pertahanan Indonesia.

“Utamanya kesejahteraan prajurit. Bagaimana orang disuruh perang, kalau kesejahteraannya kurang terperhatikan. Kita menginginkan anggaran ini (pertahanan) jelas. Kenapa harus (beli) pesawat bekas, misalnya. Kan, harus dijawab,” tuturnya.

Jokowi mengatakan, memang banyak data pertahanan yang harus dirahasiakan karena menyangkut strategi sebuah negara.

"Yang berkaitan dengan pertahanan, yang berkaitan dengan keamanan negara, yang berkaitan dengan alutsista (alat utama sistem persenjataan) itu ada yang bisa terbuka, tapi memang banyak yang harus kita rahasiakan," ujar Jokowi di Serang, Banten, Senin.

"Karena ini menyangkut strategi besar sebuah negara, enggak bisa semuanya dibuka kayak toko kelontong enggak bisa. Enggak bisa," katanya lagi menegaskan.

Adapun dalam debat capres kedua, Minggu (7/1/2024), calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo seakan kompak bertanya kepada capres nomor urut 2 Prabowo tentang data pengelolaan pertahanan.

Keduanya sama-sama meminta kepada Prabowo Subianto untuk membeberkan sejumlah data pertahanan. Sebagai contoh, data soal minimum essential force (MEF) dan pengadaan alustsista bekas

Namun, Prabowo tidak membuka data yang benar dengan beralasan tidak mempunyai cukup waktu untuk menjelaskannya dalam forum debat capres.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/11/081857278/yenny-wahid-sebut-wajar-data-anggaran-pertahanan-ditanyakan-dalam-debat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke