Salin Artikel

Buruh di Brebes Ingin UU Cipta Kerja Direvisi, Begini Respons Ganjar

Kedatangan Ganjar di rumah buruh pabrik sepatu bernama Beni Aryono rupanya sudah dinanti ribuan buruh lainnya sejak sore.

Ganjar datang didampingi Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea.

Beni yang merupakan aktivis buruh sekaligus Ketua KSPSI Kabupaten Brebes juga memimpin Aliansi Buruh Kabupaten Brebes.

Dalam pertemuan itu, Ganjar mendapat banyak keluhan dan masukan terkait ketenagakerjaan. Misalnya, persoalan upah buruh yang dinilai belum layak, revisi Undang-undang Cipta Kerja, dan pembatasan tenaga kerja asing.

Ganjar mengaku memiliki komitmen tinggi untuk mensejahterahkan buruh.

"Jadi sebenarnya itu kecemasan dan kekhawatiran mereka yang sampaikan dan mereka berharap betul adanya peran pemerintah untuk bisa memenangi mereka," kata Ganjar.

Ganjar juga meminta masukan apa saja regulasi yang menurut buruh tidak memihak. Dia juga mendorong agar dibuat rumusan terkait hal tersebut sebagai bahan pertimbangan ke depan.

Sementara Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea menyampaikan ada beberapa hal yang dibicarakan buruh dengan Gubernur Jateng dua periode itu.

Di antaranya revisi UU Cipta Kerja, soal sistem pengupahan yang dikembalikan ke Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dengan survey kebutuhan, dan persoalan outsourcing yang dibatasi jenis pekerjaan serta batas waktu.

"Kemudian dengan Mas Ganjar, buruh juga membicarakan persoalan PHK diperketat dengan aturan yang ketat," kata Andi Gani.

"Kemudian pembatasan ketat Tenaga Kerja Asing yang tidak memiliki keahlian khusus, serta berbagai jaminan untuk buruh. Di antaranya jaminan perumahan untuk buruh, jaminan kesehatan, dan jaminan pendidikan," sambung Andi Gani.

Andi Gani mengatakan, sikap Ganjar yang berani berdiri bersama buruh diharapkan bisa konsisten bahkan jika terpilih pada Pemilu 2024 mendatang.

Dalam kesempatan itu, Andi Gani juga memberikan masukan soal ketenagakerjaan untuk materi debat kelima pilpres dengan tema Ketenagakerjaan kepada Ganjar Pranowo.

"Saya memberikan masukan perlunya revisi beberapa aturan ketenagakerjaan yang merugikan buruh dalam debat nanti," imbuh Andi Gani yang juga Ketua Umum Relawan Buruh Sahabat Ganjar.

Sebelumnya, dalam kampanye Ganjar ke Brebes, Ganjar juga bertemu dengan kelompok petani bawang merah di Desa Kertabesuki, Kecamatan Wanasari dan nelayan di Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes.

Tak hanya itu, di Brebes ganjar juga bertemu sejumlah relawan di kediaman Ketua DPC PDI Perjuangan Brebes, Indra Kusuma. Setelah bertemu buruh, Ganjar bertolak ke Kota Tegal untuk agenda selanjutnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/11/064340878/buruh-di-brebes-ingin-uu-cipta-kerja-direvisi-begini-respons-ganjar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke