Salin Artikel

42 Napi Lapas Sorong Kabur, Polisi Sekat Bandara dan Pelabuhan

Dari pantauan Kompas.com di lapangan, Rabu (10/1/2024), sejumlah polisi dan petugas Bandara Deo sebelumnya mengikuti apel yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Sorong Kota.

"Iya untuk upaya pencarian puluhan tahanan narapidana kita lakukan hari ini dengan apel kesiapan penyekatan di Bandara Deo. Kita kerja sama dengan Avsec sebanyak 60 personel kemudian anggota Polresta Sorong Kota 35 personel," ungkap Kombes Pol Happy Perdana Yudianto di Terminal Bandara Deo Sorong Rabu (10/1/2024).

Lanjut Happy, khusus di bandara, petugas akan memeriksa KTP calon penumpang hingga memantau penumpang di bording pass dan pintu masuk serta keluar bandara.

"Tujuannya untuk mengamati adanya upaya-upaya napi untuk keluar dari Kota Sorong melalui bandara," kata Happy.

Happy mengakui, meski melakukan penyekatan di sejumlah pintu masuk ke Kabupaten Maybrat, Sorong Selatan, Tambrauw dan Raja Ampat, namun pencarian napi yang kabur belum membuahkan hasil. Namun, demikian polisi akan terus mengupayakan pengejaran terhadap mereka.

"Saya pastikan mereka (napi) masih ada di sekitar Sorong meski mereka sedang upaya melarikan diri keluar dari Sorong," tuturnya.

Polisi akan berkordinasi dengan pihak Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sorong untuk penetapan daftar pencarian orang atau DPO untuk disebarkan di lokasi penyekatan seperti di bandara dan pelabuhan.

Sampai saat ini polisi telah berhasil menangkap 11 warga binaan yang kabur dari Lapas. Sementara 42 tahanan masih dalam pengejaran.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/10/155239778/42-napi-lapas-sorong-kabur-polisi-sekat-bandara-dan-pelabuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke