Salin Artikel

Monyet Liar Masuk Permukiman Warga di Banjarbaru, Serang 4 Orang hingga Luka-luka

Monyet liar tersebut masuk ke permukiman warga dan menyerang siapa saja yang mengusirnya.

Kepala Kelurahan Mentoas, Ciptadi Sunaryo mengatakan, serangan monyet liar terhadap warga Mentoas sudah terjadi dalam beberapa terakhir.

"Total ada empat warga yang menjadi korban dari monyet liar itu," ujar Ciptadi dalam keterangannya yang diterima, Selasa (9/1/2024).

Empat warga yang diserang tersebut mengalami luka yang bervariasi. Kebanyakan dicakar hingga terluka di bagian tangan dan kaki.

"Korban rata-rata mengalami luka cakaran di kaki, paling besar lukanya diterkam di kaki,” jelasnya.

Ciptadi menambahkan, salah satu warganya harus dilarikan ke rumah sakit dikarenakan terluka parah di bagian tangan dan mendapat 50 jahitan.

Serangan monyet liar ini, kata Ciptadi, sudah dilaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSD) Kalsel dan pihak terkait lainnya.

Sementara itu, bagian konservasi BKSDA Kalsel, Jarot mengatakan pihaknya sudah memasang jebakan untuk menangkap monyet liar yang kerap menyerang warga.

"Namun sampai saat ini belum tertangkap," singkatnya.

Jarot menjelaskan ada beberapa faktor yang membuat monyet menyerang manusia.

"Bisa jadi monyet ini monyet peliharaan yang lepas atau sengaja dilepas hingga asing dengan lingkungan barunya. Bisa juga karena birahinya," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/09/140641878/monyet-liar-masuk-permukiman-warga-di-banjarbaru-serang-4-orang-hingga-luka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke