Salin Artikel

Buru Penadah Anjing Ilegal, Personel Polda Jateng Diterjunkan ke Sejumlah Titik

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, anggota sudah dikerahkan ke sejumlah lokasi yang dicurigai menjadi penadah anjing ilegal.

"Petugas sudah dikerahkan ke sana untuk melakukan mapping (pemetaan)," jelasnya saat ditemui di Mapolda Jateng, Selasa (9/1/2024).

Dia menjelaskan, personel Polda Jateng juga akan melakukan penyelidikan soal asal anjing-anjing yang diperjualbelikan secara ilegal itu. 

"Dari mana dia asalnya, bagaimana cara menyembelih, termasuk Polri juga akan menggandeng Kementrian Kesehatan dan MUI terkait dengan kesehatan dan keagamaan," paparnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Satake Bayu mengatakan, ratusan anjing tersebut berhasil diamankan pada Sabtu, 6 Januari 2024, sekira pukul 22:30 WIB.

"Di Gerbang Tol Kalikangkung Ngaliyan Kota Semarang," jelasnya pada Minggu lalu.

Dia menjelaskan, pengamanan tersebut dilakukan karena ada dugaan kasus penyiksaan hewan yang sebelumnya dilaporkan oleh Komunitas Dog Lover n Shelter.

"Petugas Polsek Ngaliyan dapat laporan terus menuju ke lokasi," paparnya.

"Setelah itu dibawa ke Polrestabes Semarang," ujar dia.

Sebelumnya, sempat viral sebuah video yang di-posting akun Instagram @infokejadian_semarang yang berisi ratusan anjing berada di Gerbang Tol Kalikangkung.

"Ratusan satwa anjing dalam truk yang akan dibawa ke rumah pemotongan berhasil diselamatkan," kata akun tersebut dalam caption-nya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/09/110325678/buru-penadah-anjing-ilegal-personel-polda-jateng-diterjunkan-ke-sejumlah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke