Salin Artikel

Budiman Sudjatmiko: Jateng Kandangnya Kaum Nasionalis, Bukan Hanya Kandang Satu Partai Saja

BANYUMAS, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pembina Relawan Prabowo Budiman Bersatu (Prabu) Budiman Sudjatmiko optimistis pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang di Jateng yang dikenal sebagai "kandang banteng".

"Ini kandangnya kaum nasionalis, bukan hanya kandang satu partai saja," kata Budiman di sela persiapan Prabu Konser Bersama Indonesia Maju di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jateng, Sabtu (6/1/2024).

Menurut Budiman, para kaum nasional ini tersebar di berbagai partai politik (Parpol).

"Di sini kekuatan nasionalis sangat kuat yang tersebar di banyak partai," ujar Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran ini.

Di samping kekuatan kaum nasionalis, Budiman juga tidak mengesampingkan kekuatan kaum nahdliyin. Menurut dia, nasional dan nahdliyin di Jateng memiliki tradisi yang panjang.

"Jadi menurut saya tugas kami adalah mengonsolidasikan kaum nasionalis dan nahdliyin juga penting karena di Jateng banyak di desa-desa, nasionalis juga banyak di desa-desa," katanya lagi.

Budiman semakin yakin dapat meraih kemenangan karena Prabowo-Gibran juga sama-sama berasal dari Jateng.

"Apalagi Pak Jokowi berasal dari sini (Jateng), Pak Prabowo dari Banyumas, saya dari Banyumas, Mas Gibran juga dari Jateng," tandasnya.

Budiman menambahkan, suara dari kelompok nasional di Jateng menjadi rebutan karena para capres dan cawapres banyak yang berasal dari Jateng.

"Kalau boleh saya katakan all Jateng finals. Dan kebetulan memang salah satu calon yang lain juga dari Jateng. Untuk pilpres ini Jateng punya kehormatan, putra-putra terbaiknya, di manapun kubunya, sedang ingin memenangkan hati nasionalis yang di Jateng ini tradisinya sangat panjang," kata Budiman.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/06/164856778/budiman-sudjatmiko-jateng-kandangnya-kaum-nasionalis-bukan-hanya-kandang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke