Salin Artikel

Gajah Liar Masuk Permukiman Warga di OKI, BKSDA Turunkan Tim

OKI, KOMPAS.com - Potongan video seekor gajah liar masuk ke permukiman warga di Desa Simpang Tiga Sakti, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, viral di media sosial.

Gajah tersebut terlihat berusaha lewat dengan menerobos jembatan kayu yang dipasang warga.

Perekam pun terlihat ketakutan ketika mengetahui kedatangan gajah tersebut. Informasi yang beredar, kebun warga mengalami kerusakan akibat dilintasi gajah.

Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan Ujang Wisnu Barata saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

Pihaknya telah menurunkan tim ke lokasi kejadian untuk menggiring gajah tersebut kembali ke habitatnya.

“Tim sekarang menggiring gajah tersebut ke hutan produksi yang menjadi habitat alaminya (gajah),” kata Ujang lewat pesan singkat, Kamis (4/1/2024).

Masuknya seekor gajah tersebut ke permukiman warga saat ini masih dalam penyelidikan BKSDA. Namun, Ujang memastikan bahwa lokasi tersebut merupakan jalur jelajah gajah.

“Penyebabnya apa ini perlu pendalaman. Tapi sebenarnya itu memang lintasannya. Hanya, kali ini kok agak lama berdiam di situ sehingga meresahkan,” ujar Ujang.

Meski masuk ke permukiman, Ujang mengaku tak ada rumah warga yang mengalami kerusakan. Meski demikian, petugas gabungan sudah membuat posko untuk memantau pergerakan gajah tersebut.

“Belum perlu (evakuasi warga) yang jelas petugas kami dan perusahaan serta sebagian masyarakat sudah berposko,” jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/04/162007278/gajah-liar-masuk-permukiman-warga-di-oki-bksda-turunkan-tim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke