Salin Artikel

Jaga Kondusivitas Pemilu, Kemenag Akan Beri Materi Khotbah Jumat Semua Masjid di Kebumen

Salah satunya dengan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memberi materi khotbah Jumat setiap masjid yang ada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

"Rencana setiap Jumat, satu bulan mendekati Pemilu ada khotbah nanti kita buat teks-teksnya. Kita juga kerja sama dengan bagian kesra untuk pemdanya, kemudian kita kerja sama BKM badan kesejahteraan masjid," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kebumen Sukarno saat peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama di Kompleks Pendopo Kabumian, pada Kamis (4/1/2023).

Selain melalui khotbah Jumat, Kemenag juga akan menyampaikan pesan damai Pemilu melalui majelis pengajian.

Hal ini penting untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya memberikan suara untuk pemimpin dengan damai.

"Kemudian pada saatnya kita punya penyuluh fungsional dan penyuluh non-PNS. Kedua penyuluh itu koordinasi supaya menyampaikannya tema damai Pemilu dalam pengajian," kata Sukarno.

"Temanya adalah bagaimana mensukseskan pemilu termasuk kesejukan terhadap umat karena saat ini pemilu sudah mulai panas mulai hangat," tambah Sukarno.

Sukarno menyebutkan, dalam Hari Amal Bakti Kementerian Agama, Menteri Agama RI sudah memberikan pesan kepada aparatur kementerian agar menjaga netralitas dan menjadi pengayom bagi masyarakat.

"Gus Men wanti-wanti beberapa kali dalam kegiatan, kementerian ini kita jaga netralitas. Kemudian yang terpenting adalah menjadi pengayom dari masyarakat artinya kementrian agama sebagai penyejuk jangan sampai nanti untuk aparatur kementrian agama justru bermasalah dengan pelaksanaan pemilu," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/04/141158378/jaga-kondusivitas-pemilu-kemenag-akan-beri-materi-khotbah-jumat-semua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke