Salin Artikel

Abu Vulkanik Gunung Lewotobi Landa Ende, Bandara Sementara Ditutup

ENDE, KOMPAS.com - Otoritas Bandara Ende, Kabupaten Ende, menutup sementara bandara akibat abu vulkanik erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (3/1/2024)

Berdasarkan hasil pengamatan, semburan abu vulkanik gunung Lewotobi Laki-laki terus bergerak ke arah barat hingga ke Kabupaten Sikka dan Kabupaten Ende.

"Dari hasil pantauan dan tes menggunakan paper test oleh pihak bandara, sebaran abu vulkanik erupsi Lewotobi sudah masuk Ende," ujar Kepala Bandara Ende, Triyantono, Rabu (3/1/2023).

Dijelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia sebelum menutup bandara.

Tindakan tersebut cukup beralasan, sebab jarak pandang sudah menurun jauh akibat sebaran abu vulkanik erupsi Lewotobi.

“Kita tutup sementara sejak pagi hingga pukul 13.30 Wita sambil melihat perkembangan. Jika sebaran abu sudah menjauh maka akan dibuka, tetapi saat tes dan pemantauan masih ada sebaran abu maka akan dilanjutkan penutupan,” jelasnya.

Triyantono membeberkan dampak dari penutupan bandara, penerbangan maskapai Wings Kupang-Ende, Ende-Kupang, Labuanbajo-Ende mengalami delay atau ditunda.

Kemudian penerbangan dengan pesawat perintis Susi Air dari Kabupaten Sabu Raijua menuju Ende dan Ende-Sabu Raijua juga dibatalkan.

"Tiga kali penerbangan dari Ende dan menuju Ende juga delay," ucapnya.

Perlu diketahui, hingga saat ini aktivitas gunung Lewotobi Laki-laki masih level III Siaga. Masyarakat diminta tetap waspada.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/03/220902378/abu-vulkanik-gunung-lewotobi-landa-ende-bandara-sementara-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke