Salin Artikel

Gunung Lewotobi Erupsi, Libur Sekolah di Flores Timur Diperpanjang

FLORES TIMUR, KOMPAS.com - Liburan semester genap untuk sekolah-sekolah terdampak erupsi gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) diperpanjang.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Flores Timur, Felix Suban Hoda menyebut, sekolah yang terdampak erupsi Lewotobi Laki-laki berada di dua kecamatan, yakni Wulanggitang dan Ile Bura.

Sehingga, lanjutnya, jadwal masuk sekolah yang seharusnya pada 4 Januari 2023 akan diperpanjang.

"Keputusan ini karena situasi. Maka tanggalnya digeser, bisa satu dua hari bahkan lebih dari itu," ujar Felix, Rabu (3/1/2024).

Felix mengatakan, sudah berkoordinasi bersama koordinator wilayah dan kepala sekolah di dua kecamatan tersebut terkait perpanjangan liburan semester genap.

Meski dari sisi kewenangan PKO Kabupaten hanya mengatur lembang pendidikan di tingkat PAUD, Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), namun Felix berkeyakinan Dinas PKO Provinsi yang berwenang pada sekolah SMA atau sederajat pasti sejalan dengan kebijakannya karena menyangkut kebencanaan.

"Saya tidak menyuruh mereka untuk libur, tapi dari Korwas Dikmen akan punya pikiran yang sama, jadi saya tidak mendahului," katanya.

Sementara itu hingga Rabu (3/1/2024) pagi, aktivitas erupsi gunung Lewotobi Laki-laki terus berlangsung.

Pos Pemantau Gunung Api Lewotobi Laki-laki melaporkan, dalam kurun waktu enam jam terakhir terjadi lima kali gempa vulkanik dalam.

Tremor menerus atau microtremor masih terekam dengan amplitudo 3.7-7.4 mm

Asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 500-800 meter di atas puncak kawah.

Petugas Pos PGA Lewotobi Laki-laki Herman Yosef S Mboro meminta masyarakat tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 3 kilometer dari pusat erupsi gunung Lewotobi Laki-laki dan gunung Lewotobi Perempuan serta 4 kilometer dalam arah barat laut utara dan selatan-tenggara dari pusat erupsi gunung Lewotobi Laki-laki.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/03/083931878/gunung-lewotobi-erupsi-libur-sekolah-di-flores-timur-diperpanjang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke