Salin Artikel

Mulai Besok, Kawah Ijen Banyuwangi Ditutup untuk Umum, Kapan Dibuka Kembali?

Penutupan itu tertuang dalam Surat Edaran Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Nomor SE.01/K2/BIDTEK.1/KSA/01/2024 tentang Penutupan Kawasan TWA Kawah Ijen.

Surat edaran yang diterbitkan pada Selasa (2/1/2024) dan ditandatangani Kepala BBKSDA Jawa Timur Nur Patria Kurniawan itu tertulis TWA Kawah Ijen ditutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

"Betul, mulai besok TWA Kawah Ijen untuk sementara ditutup," ujar Kepala Bidang KSDA Wilayah III Purwantono, kepada Kompas.com, Selasa (2/1/2023).

Purwantono mengatakan, penutupan TWA Kawah Ijen dilakukan dalam rangka evaluasi kegiatan kunjungan wisata alam selama 2023.

"Juga dalam rangka persiapan kunjungan tahun 2024," ungkapnya.

Menurut Purwantono, setelah menerbitkan surat edaran penutupan itu, BBKSDA akan segera menggelar rapat terkait evaluasi dan persiapan kegiatan wisata.

"Soal waktu pembukaan kembali TWA Kawah Ijen, bisa jadi ditentukan setelah evaluasi tersebut," kata dia.

Pihaknya menuturkan, penutupan TWA Kawah Ijen pada awal tahun untuk evaluasi dan persiapan, dilakukan baru pertama kali.

"Tahun-tahun sebelumnya, destinasi tetap buka saat momentum yang sama. Tahun lalu tidak ada penutupan," terang Purwantono.

Berdasarkan data dari BBKSDA, per 1 Januari 2024, total wisatawan yang berkunjung ke TWA Kawah Ijen sebanyak 2.083 orang.

"Sebanyak 2.012 orang wisatawan lokal dan 71 orang mancanegara," ungkap dia.

Jumlah tersebut naik 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama per 1 Januari 2023.

"Tahun 2023 lalu tercatat sebanyak 917 wisatawan. 903 orang wisatawan lokal dan 14 orang wisatawan mancanegara," tandas Purwantono.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/02/203614378/mulai-besok-kawah-ijen-banyuwangi-ditutup-untuk-umum-kapan-dibuka-kembali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke