Salin Artikel

Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Sejumlah Wilayah Flores Timur Diselimuti Abu Tebal

FLORES TIMUR, KOMPAS.com - Hujan abu tebal akibat erupsi gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) terus melanda sejumlah wilayah, Selasa (2/1/2024).

Pos Pemantau Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki melaporkan, pada periode pengamatan pukul 06-12.00 Wita, asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna kelabu dan coklat dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 700-1000 meter di atas puncak kawah.

"Teramati letusan dengan tinggi 700 meter dan warna asap kelabu. Terjadi hujan abu tebal," ujar Petugas Pos PGA Lewotobi Laki-laki Herman Yosef S Mboro dalam keterangannya, Selasa.

Pada periode ini juga terjadi satu kali gempa letusan, dua kali gempa hembusan, dan empat kali vulkanik dalam.

Tremor menerus microtremor terekam dengan amplitudo 7.4-14.8 mm.

Hujan abu vulkanik Lewotobi Laki-laki juga melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Sikka yaitu Kecamatan Talibura, Waiblama, dan Waigete.

Warga diimbau mengenakan masker saat berada di luar rumah.

Adapun saat aktivitas gunung Lewotobi Laki-laki masih berada pada level III siaga.

Masyarakat di sekitar diminta tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 3 kilometer dari pusat erupsi gunung Lewotobi Laki-laki dan gunung Lewotobi Perempuan, serta 4 kilometer dalam arah barat laut utara dan selatan-tenggara dari pusat erupsi gunung Lewotobi Laki-laki.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/02/144107078/gunung-lewotobi-laki-laki-erupsi-sejumlah-wilayah-flores-timur-diselimuti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke