Salin Artikel

Pengungsi Gunung Lewotobi Alami Batuk dan Pilek

FLORES TIMUR, KOMPAS.com - Para pengungsi erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami batuk dan pilek. Tak hanya dialami anak-anak tetapi juga orang dewasa.

Pelaksana Tugas Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Flores Timur, Achmad Duli mengatakan, tenaga medis Puskesmas Wulanggitang telah dikerahkan untuk melakukan pemeriksaan.

"Dari hasil pemeriksaan nakes (tenaga kesehatan), ada warga dan anak-anak yang terserang batuk pilek karena kurang istirahat," ujar Achmad, Senin (1/1/2024).

Achmad mengatakan, BPBD sedang berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Flores Timur untuk penyediaan obat-obatan.

Langkah ini juga untuk mengantisipasi warga terkena penyakit lain. Apalagi mereka lama di posko pengungsian.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan, 860 warga menempati beberapa titik posko pengungsian. Banyak pula warga yang sudah pulang ke rumah.

Achmad menambahkan, logistik dan makanan ke posko pengungsian sudah didistribusikan.

"Ada enam tenda umum dan keluarga, dua dapur umum, air minum tiga tangki, lauk pauk berupa beras dan mie instan, kasur lantai, dan 2.000 masker," pungkasnya.

Kepala PVMBG Badan Geologi ESDM, Hendra Gunawan mengatakan, saat ini aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki sudah level III waspada.

Dia mengimbau warga tidak memasuki dan melakukan aktivitas di dalam radius 3 kilometer dari pusat erupsi.

Masyarakat diharapkan agar tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

"Pemerintah daerah senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan gunung Lewotobi Laki-laki di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/02/071353578/pengungsi-gunung-lewotobi-alami-batuk-dan-pilek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke