Salin Artikel

Polisi Duga Penyebab Kecelakaan Maut Tol Jakarta-Cikampek karena Kecepatan Tinggi dan Jalan Licin

KARAWANG, KOMPAS.com-Polisi menduga penyebab kecelakaan di Kilometer 41+400 jalan tol Jakarta - Cikampek yang menewaskan enam orang karena bus melaju dalam kecepatan tinggi dan jalan licin. 

Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan, pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi kecelakaan yang terjadi di wilayah Desa Wanasari, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat itu. 

"Untuk sementara berdasarkan hasil keterangan dari para saksi adanya kecepatan tinggi dari sopir dan kemudian kondisi jalan pun juga pada tadi malam itu pascahujan sehingga jalanan juga cukup licin," kata Wirdhanto di Rumah Sakit Rosela, Senin (1/1/2024). 

Adapun penyebab pasti kecelakaan bus PO Bhinneka bernomor polisi E 7706 AA pada Minggu (31/12/2023) itu masih dalam penyelidikan. 

Satlantas Polres Karawang, Ditlantas Polda Jabar, dan Korlantas Polri juga akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). 

"Termasuk juga TAA (traffic accident analysis) untuk menentukan kira-kira apa penyebab utama dari kecelakaan yang terjadi," kata Wirdhanto. 

Pihaknya, kata Wirdhanto, juga masih melakukan penyelidikan secara mendalam. Termasuk menggali keterangan dari sejumlah saksi. 

Adapun untuk keterangan dari sopir bus, Wirhanto mengaku masih menunggu kondisinya pulih.

Sopir bernama Dea Aprlian itu saat ini sedang dalam perawatan di Rumah Sakit Mandaya. Sopir mengalami sejumlah luka, seperti patah tulang dan gigi. 

Karena itu, kata Wirdhanto, pihaknya akan memfokuskan perawatan sopir. Setelah itu melakukan penyelidikan. 

"Sehingga ke depan langkah - langkah yang kami lakukan adalah melakukan penyelidikan, dan juga termasuk pemeriksaan terkait masalah kelayakan dari kendaraan bus dari perusahaan tersebut," ujar Wirdhanto. 

Diketahui, kecelakaan terjadi di jalan tol Jakarta-Cikampek Kilometer 41,400 A arah menuju Cikampek, Desa Wanasari, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu (31/12/2023) sekitar pukul 18.40 WIB.

Kecelakaan bermula saat bus dari PO Bhinneka bernomor polisi  E 7706 AA yang dikendarai Dea Aprlian melaju arah Jakarta menuju arah Cikampek.

Sesampainya di Km 41,400 A arah menuju Cikampek, bus  oleng ke kiri dan menabrak gadril yang berada di pinggir jalan. Bus kemudian terbalik dengan bagian depan menghadap ke arah Jakarta. 

Kecelakaan tunggal bus jurusan Kebon Jeruk - Cirebon itu menewaskan sebanyak enam penumpang dan 17 luka -luka. 

Sejumlah korban selamat telah dijemput pulang atau pindah rawat di rumah sakit di daerah domisili. 

https://regional.kompas.com/read/2024/01/01/213538278/polisi-duga-penyebab-kecelakaan-maut-tol-jakarta-cikampek-karena-kecepatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke