Salin Artikel

Antisipasi Kecelakaan Wahana Wisata, Pemprov Jateng Lakukan Asessment Wahana yang Berisiko Tinggi

SEMARANG, KOMPAS.com-Mengantisipasi terjadinya kecelakaan wahana wisata saat libur Natal dan tahun baru 2024, Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah melakukan asessment wahana wisata yang berisiko tinggi.

Kabid DTW Disporapar Jateng Riyadi mengatakan upaya tersebut dilakukan dengan menggandeng Polda Jawa Tengah.

Pihaknya meminta agar pelaku wisata menjamin keamanan wahana dengan sertifikat kelayakan.

"Kami juga kemarin melakukan risk assessment bersama Polda Jateng pada beberapa Daya Tarik Wisata (DTW) yang memiliki wahana berisiko tinggi, kami menghimbau untuk segera dilengkapi sertifikasi layak fungsi dan juga mengintenskan pemeliharaan pada wahana tersebut," tegas Riyadi lewat sambungan telepon, Rabu (27/12/2023).

Sebelumnya diberitakan sejumlah kecelakaan wahana wisata terjadi di Jawa Tengah sepanjang 2023. Di antaranya jembatan kaca yang pecah di Banyumas dan bianglala ambruk di Colomadu, Karanganyar.

Mengingat jumlah wisatawan yang diprediksi bakal meningkat ini, pihaknya tak ingin kejadian serupa terulang kembali. Untuk itu, Riyadi juga menghimbau agar pelaku wisata mengukur rasio pelayan dan pengunjung. Sehingga tidak ada ketimpangan antara operator wahana dengan jumlah wisatawan yang dilayani.

"Jadi apabila mengalami kenaikan jumlah pengunjung kami himbau pelayan atau oprator ditambah dengan rasio yang dibutuhkan," tegasnya.

Lebih lanjut, pihaknya menghimbau agar wisatawan di Jateng mulai mewaspadai peningkatan kasus covid, yakni dengan menjaga prokes dan pola hidup sehat. Kemudian dia mengimbau agar wisatawan tidak memaksakan kunjungannya ketika melihat daya tampung dari DTW sudah tidak mencukupi. Lalu mencari alternatif lainnya yang bisa dikunjungi.

"Belum ada pembatasan, tapi kami himbau untuk pelaku wisata menghitung daya tampung dan jika sudah terpenuhi, diterapkan sistem buka tutup, kemudian menyediakan daftar DTW terdekat yang bisa dikunjungi wisatawan," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/27/101038078/antisipasi-kecelakaan-wahana-wisata-pemprov-jateng-lakukan-asessment-wahana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke