Salin Artikel

Longsor di Limapuluh Kota Sumbar, 1 Warga Tewas Tertimbun

Warga berinisial MD (40) itu meninggal karena tertimpa material longsor saat membersihkan rumah.

"Benar ada satu warga yang dilaporkan meninggal dunia akibat longsor," kata Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Ricardi Condrat Yusuf yang dihubungi Kompas.com, Selasa (26/12/2023).

Menurut Ricardo, korban diduga meninggal dunia akibat tertimbun longsor saat membersihkan lumpur di rumahnya.

"Jadi dia sedang membersihkan rumah yang berlumpur akibat longsor. Tiba-tiba datang longsor susulan yang menimpanya sehingga dia tertimbun dan meninggal dunia," jelas Ricardo.

Sebelumnya diberitakan, akses jalan Sumbar-Riau terputus total akibat adanya longsor di Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (26/12/2023).

Terdapat sebanyak 30 titik longsor sepanjang jalur Sumbar-Riau di Kabupaten Limapuluh Kota sehingga jalan tidak bisa dilalui.

"Ada 30 titik longsor yang menyebabkan akses belum bisa dilalui kendaraan," kata Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf.

Ricardo menyebutkan longsor disebabkan curah hujan yang sangat tinggi sejak Senin (25/12/2023) malam sehingga terjadi longsor.

Menurut Ricardo karena akses tidak bisa dilalui, pihaknya mengalihkan arus lalu lintas Sumbar-Riau lewat Kiliran Jao, Sijunjung.

"Kita imbau warga yang lewat jalur Sumbar-Riau via Limapuluh Kota agar melewati jalur alternatif via Sijunjung," kata Ricardo.

Saat ini seluruh stakeholder mulai dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumbar, BPBD, TNI/Polri hingga masyarakat sedang berusaha membuka akses longsor dengan membersihkan material yang menutupi jalan.

"Saat ini tim sedang membersihkan material longsor. Karena titik longsor banyak sehingga membutuhkan waktu agak lama," kata Ricardo.

Ricardo mengatakan longsor dilaporkan sejak pukul 03.00 WIB dan hingga sekarang akses jalan masih tertutup.

"Hingga siang ini masih tertutup ya.Tadi sejak pukul 03.00 WIB sudah terjadi longsor," jelas Ricardo.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/26/155546378/longsor-di-limapuluh-kota-sumbar-1-warga-tewas-tertimbun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke