Salin Artikel

Temui Anies Baswedan di Rembang, Tokoh Sedulur Sikep: Ngobrol soal Kendeng

Setidaknya, ada dua pondok pesantren yang dikunjunginya, yaitu Pondok Pesantren Al Wahdah, di Desa Sunbergirang, Kecamatan Lasem dan Pondok Pesantren Ma'hadu 'Ulum Asy-Syar'Iyyah (MUS), di Kecamatan Sarang.

Selain di dua pondok pesantren tersebut, Anies Baswedan juga menyempatkan waktu untuk ziarah di makam KH. Bisri Mustofa, hingga menyapa relawannya di Posko Relawan Amin di Kecamatan Lasem.

Saat mengunjungi Pondok Pesantren Al Wahdah Lasem, Anies Baswedan juga ditemui oleh tokoh Sedulur Sikep, Gunretno, yang menggunakan baju adat Samin serba hitam lengkap dengan udeng di kepala.

Kondisi saat itu, hujan turun sehingga Gunretno sempat menggunakan payung saat akan bertemu dengan Anies Baswedan yang sudah berada di dalam ruangan.

Sekitar 15 menit kemudian, Gunretno keluar ruangan dan pergi meninggalkan lokasi.

"Yo ngobrol soal Kendeng," ucap Gunretno singkat saat ditanya terkait kedatangannya menemui Anies Baswedan.

Sementara itu, Anies Baswedan mengaku hadirnya tokoh sedulur sikep hanya untuk bersilaturahmi.

"Enggak ada yang khusus, silaturahmi saja," ujar Anies saat dimintai tanggapannya terkait adanya tokoh Sedulur Sikep yang merapat.

Eks gubernur DKI Jakarta itu mengatakan pernah bertemu dengan Gunretno di Desa Sukolilo, Kabupaten Pati, pada Agustus 2023.

"Saya beberapa waktu yang lalu memang sempat mampir ke Kendeng, kira-kira bulan Agustus kalau enggak salah, silaturahmi ke sana. Jadi ini tadi kebetulan kami sedang ke sini, mereka juga mampir meneruskan silaturahmi," terang Anies.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/26/144737178/temui-anies-baswedan-di-rembang-tokoh-sedulur-sikep-ngobrol-soal-kendeng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke