Salin Artikel

Tol Terpeka Lampung Bersolek Sambut Pemudik Saat Nataru

Pengelola tol pun "bersolek" dengan sejumlah fasilitas untuk memberi kenyamanan kepada pengguna jalan.

Kepala Cabang Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang-Kayu Agung (Terpeka) PT Hutama Karya, Taufiq Hidayat mengatakan, sejak tanggal 18 sampai dengan 21 Desember 2023, telah terjadi peningkatan jumlah kendaraan sebesar 28 persen dibandingkan hari normal.

"Kenaikan volume kendaraan sudah tampak sejak awal pekan ini meski belum mencapai puncak arus mudik," kata dia saat dihubungi, Jumat (22/12/2023) sore.

Dia memaparkan jumlah kendaraan pada hari biasa mencapai 51.000 kendaraan. Sedangkan saat arus mudik Nataru kali ini mencapai 66.000 kendaraan.

"Diprediksi puncak kenaikan volume kendaraan ini akan terjadi pada tanggal 25 Desember 2023 dan 1 Januari 2024, perkiraan kenaikannya sebesar 33 persen," katanya.

Taufiq menambahkan, untuk melayani lonjakan kendaraan dan pengguna jalan tol, pihaknya pun melakukan pembenahan di sejumlah fasilitas serta sarana di rest area.

Beberapa penambahan sarana dan prasarana itu adalah menyediakan toilet tambahan dan water treatment plant (WTP).

"Kita juga menambah gazebo untuk tempat beristirahat di rest area 215B dan 234A," kata Taufiq

Untuk menambah kenyamanan para pengguna jalan tol yang beristirahat di rest area juga dilakukan percantikan fasilitas pendukung seperti perapihan toilet dan penambahan pot bunga.

"Beberapa pemeliharaan kualitas perkerasan jalan, pagar pengaman dan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), lampu flipflop & strobo, hingga pengecatan marka jalan juga telah dilakukan," kata Taufiq.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/23/125710578/tol-terpeka-lampung-bersolek-sambut-pemudik-saat-nataru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke